Sabtu, 06 Nov 2021 19:44 WIB

Dear Ladies, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Miss V Awet dan Kencang

Astika - detikHealth
Woman eating fresh salad and fish at light table Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy
Jakarta -

Kesehatan vagina menjadi perhatian hampir seluruh wanita. Selain untuk menunjang aktivitas seksual juga diakibatkan sudah banyaknya muncul penyakit yang menyerang vagina.

Vagina yang sehat dicirikan dengan tidak memiliki aroma menyengat, menghasilkan cairan berwarna putih atau bening, tidak terasa gatal, tidak ada luka, serta terasa hangat dan lembab saat diraba.

Selain rutin membersihkan vagina untuk menjaganya tetap sehat, dengan mengkonsumsi beberapa makanan ternyata dapat membuat vagina menjadi lebih sehat.

Dikutip dari Health, berikut 5 makanan yang bisa bantu jaga kesehatan vagina:

1. Yogurt

Secara umum, pH vagina bersifat asam yaitu di antara 3,5 hingga 4,5. Jika terjadi perubahan pH vagina akan menyebabkan infeksi jamur mudah terjadi dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Yogurt merupakan salah satu sumber probiotik karena mengandung bakteri seperti Lactobacillus acidophilus yang dapat menjaga pH vagina dan menurunkan risiko terjadinya infeksi.

2. Jahe

Jahe dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke vagina. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk meredakan kram saat haid melalui sifatnya sebagai anti-radang.

3. Kedelai

Kandungan isoflavon pada kedelai memiliki kemiripan fungsi dengan estrogen yang ada pada tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi kedelai akan membantu mengurangi kekeringan pada vagina akibat perubahan hormonal.

4. Alpukat

Berbagai kandungan alpukat seperti kalium, antioksidan, serat, dan lemak tak jenuh terbukti mampu meningkatkan kadar hormon yang berkaitan dengan fungsi pelumasan vagina. Selain itu, kandungan vitamin B6 juga terbukti mengurangi gejala menjelang haid seperti kembung dan kelelahan.

5. Cranberry

Buah cranberry diketahui mengandung zat proanthocyanidins atau PAC yang dapat menjaga vagina dari infeksi E.coli. Disarankan untuk meminum jus cranberry yang pekat untuk memaksimalkan manfaat dari zat PAC yang terkandung di dalamnya.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(Astika/kna)