Selasa, 16 Nov 2021 22:04 WIB

Miss V Terasa Mengendur? Ini Dua Kemungkinan Penyebabnya

Akbar Malik - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Ada dua penyebab Miss V mengendur (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa perempuan meyakini bahwa vagina bisa mengendur karena sebab-sebab tertentu. Pembicaraan mengenai vagina mengendur bisa terjadi perdebatan, karena ada yang menganggap bisa, ada pula yang berpandangan tidak.

Sebenarnya, vagina itu bersifat elastis. Ia bisa meregang karena beberapa hal, antara lain ketika hasrat seks meningkat, penetrasi, hingga melahirkan. Meski begitu, vagina yang merenggang akan kembali ke semula yang rapat.

Lantas, apakah vagina benar-benar bisa mengendur? Dikutip dari Healthline, vagina bisa melonggar karena dua alasan, antara lain:

1. Usia

Perempuan yang usianya sudah masuk 40 tahun lebih elastisitas vaginanya akan berkurang. Hal itu disebabkan karena kadar ekstrogen pada vagina mulai turun pada saat perempuan berusia lebih dari 40 tahun masuk masa pramenopause.

Dengan demikian, berkurangnya kadar ekstorgen mengakibatkan vagina lebih tipis, kurang elastis, dan cenderung kering. Perubahan ini semakin terlihat ketika perempuan sudah menopause total.

2. Persalinan

Setelah bersalin, vagina pada perempuan akan melonggar. Hal tersebut tentu sangat wajar dan bukan masalah. Ketika selepas melahirkan, vagina akan terasa longgar dan berbeda dari bentuk sebelumnya.

Namun, jangan khawatir, bahwa vagina akan kembali mengencang setelah beberapa hari. Meski begitu, lubang dan keketatan vagina mungkin saja tidak serapat sebelumnya.

Bagi perempuan yang sudah melahirkan berkali-kali, otot-otot vaginanya mungkin akan cenderung kehilangan elastisitasnya.

Walau terdapat penyebab vagina bisa mengendur, bukan berarti pengenduran bersifat menghilangkan keketatan vagina secara permanen. Vagina memiliki otot-otot seperti karet gelang yang akan kembali ke bentuk asalnya walau sudah penetrasi ataupun bersalin.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)