Kamis, 18 Nov 2021 19:30 WIB

Berapakah Rata-rata Panjang Penis yang Ideal? Ini Jawabannya Menurut Studi

Akbar Malik - detikHealth
banana and measuring tape on white background Ilustrasi. Foto: iStock
Jakarta -

Ukuran panjang penis bagi banyak orang termasuk topik yang sensitif. Sebagian orang mungkin merasa insecure karena merasa penisnya tidak cukup panjang dan khawatir tidak bisa memuaskan pasangan.

Telah banyak penelitian yang mengungkap berapa panjang rata-rata penis yang dimiliki laki-laki di dunia. Dikutip dari Medical News Today, banyak studi yang mengatakan bahwa panjang rata-rata penis pria berkisar 12,9-13,9 cm.

Sementara itu, World Data memublikasikan rata-rata panjang penis pria di seluruh dunia adalah 13,6 cm. Ukuran rata-rata penis terpanjang dimiliki oleh pria Ekuador dengan panjang 17,6 cm. Sedangkan ukuran rata-rata penis terpendek dimiliki oleh orang Kamboja dengan panjang 10 cm.

Anda pasti penasaran berapa panjang rata-rata penis orang Indonesia bukan? Pria Indonesia berada di urutan menengah ke bawah dengan panjang rata-rata 11,6 cm.

Di samping itu, sebuah studi menjelaskan bahwa ukuran panjang penis ketika sebelum ereksi bisa jadi berbeda-beda. Namun, ketika penis telah ereksi, ukuran panjangnya akan tetap sama. Selain itu, studi tersebut pun menjelaskan bahwa tidak ada hubungannya antara usia dengan panjang penis.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(Akbar Malik/fds)