Minggu, 21 Nov 2021 19:45 WIB

Wajib Buang Air Usai Bercinta, Ini Risikonya Jika Tak Segera Dilakukan

Vidya Pinandhita - detikHealth
Cropped image of beautiful young woman sitting on toilet. Her panties is hanging on her legs Ilustrasi pentingnya buang air kecil setelah bercinta pada wanita. Foto: istock
Jakarta -

Tak kalah penting daripada urusan durasi dan 'skill', kebersihan tak boleh luput dalam bercinta. Terdengar sepele namun punya efek besar, buang air kecil setelah berhubungan seks tak boleh di-skip. Kenapa tuh?

Ginekolog dr Alyssa Dweck menjelaskan buang air kecil adalah cara paling penting untuk mencegah infeksi saluran kemih (ISK) pasca berhubungan seks. Tak hanya dilakukan setelah bercinta, namun penting juga untuk dilakukan sebelumnya.

"Dengan buang air kecil baik sebelum dan sesudah berhubungan seks, aliran urin langsung secara mekanis membersihkan dan membuang bakteri yang bisa masuk ke uretra, tempat Anda buang air kecil," terang dr Dweck, dikutip dari Insider, Minggu (21/11/2021).

"Kencing sebelum berhubungan seks juga bisa berfungsi mendekompresi kandung kemih untuk kenyamanan," sambungnya.

Kenapa buang air kecil pasca bercinta lebih penting dilakukan wanita?

dr Dweck menambahkan, buang air kecil setelah bercinta amat penting untuk dilakukan oleh wanita sebab pada wanita, jarak uretra dengan anus lebih dekat dibandingkan pada pria.

"Dalam anatomi wanita, uretra, vagina, dan rektum semuanya berdekatan satu sama lain sehingga ada risiko yang lebih tinggi untuk bakteri dari daerah rektum mendekati uretra saat berhubungan seks. Jadi dengan menjauhkan bakteri, Anda mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih," terang dr Dweck lebih lanjut.

Menurutnya, tak ada aturan pasti perihal sela waktu yang diperlukan antara beres bercinta dengan buang air kecil. Walhasil, wanita boleh-boleh saja menikmati momen mesra bersama pasangan pasca berhubungan seks.

Namun dr Dweck menyarankan, buang air kecil sesegera mungkin untuk menekan risiko infeksi saluran kemih.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)