Senin, 29 Nov 2021 21:50 WIB

Kondom Dobel Efektif Cegah HIV-AIDS? Ini Kata Ahli

Akbar Malik - detikHealth
Collection of colorful condomsSelective focus; shallow DOF Hari AIDS Sedunia (Foto: istock)
Jakarta -

Penggunaan kondom diyakini dapat mencegah penyakit menular seksual seperti HIV-AIDS dan terbukti efektif. Dalam setiap peringatan Hari AIDS Sedunia, seruan untuk memakai kondom sebagai pencegahan kerap dimunculkan.

Sejauh ini, penggunaan kondom sebagai alat proteksi diri dari HIV-AIDS sudah umum dilakukan. Namun muncul pertanyaan: bagaimana jika menggunakan dua kondom sekaligus untuk meningkatkan proteksi pencegahan HIV-AIDS? Apakah hal tersebut akan lebih efektif mencegah HIV-AIDS?

Dikutip dari Kids Health, Steven Dowshen, MD, seorang ahli endokrinologi pediatrik di Amerika Serikat, mengatakan penggunaan kondom dobel tidak direkomendasikan. Ia menjelaskan bahwa penggunaan dua kondom sebenarnya justru membuat kekuatan perlindungan dari kondom berkurang.

Dowshen memamparkan bahwa menggunakan dua kondom dapat menyebabkan gesekan di kedua lapis kondom. Gesekan tersebut akan menyebabkan lapisan kondom melemah dan berkemungkinan membuat kondom rusak dan robek. Dengan demikian, kondom dobel tidak disarankan untuk menghindari penularan HIV-AIDS.

Pernyataan Dowshen sama seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh David Sokal dan Maxine Ankrah terhadap sejumlah responden pekerja seks komersial (PSK) di Thailand. Mereka menguji apakah penggunaan dua kondom berpengaruh pada tingkat penularan HIV-AIDS yang menurun atau tidak.

Penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine itu menjelaskan bahwa penggunaan dua kondom tidak membuat perlindungan lebih tinggi terhadap penularan HIV-AIDS. Meski begitu, studi tersebut menemukan suatu fenomena menarik pada aktivitas PSK di Thailand.

Sebelum melakukan transaksi dan berhubungan seks, para PSK di Thailand akan bertanya kepada klien, mau pakai satu atau dua kondom? Hal tersebut ditanyakan untuk memberi pesan urgensi menggunakan kondom. Hal tersebut menimbulkan persepsi bahwa menggunakan dua kondom akan meningkatkan proteksi dari HIV-AIDS.

Jadi, klien PSK tersebut pasti akan memilih menggunakan setidaknya satu kondom. Meski secara ilmiah penggunaan dua kondom tidak terbukti meningkatkan proteksi, praktik kondom dobel dalam aktivitas PSK di Thailand sudah diterima secara luas untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menggunakan kondom.



Simak Video "WHO Soroti Ketimpangan Perawatan HIV di Hari AIDS Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)