Rabu, 01 Des 2021 19:30 WIB

9 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Masturbasi, Tak Boleh Disepelekan!

Akbar Malik - detikHealth
ilustrasi masturbasi Tanda-tanda kamu kecanduan masturbasi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Bagi sebagian orang, terjebak dalam kecanduan masturbasi adalah keadaan yang sulit. Mungkin ada keinginan untuk keluar dari kebiasaan yang sudah mengakar itu, tapi lagi-lagi harus kembali melakukan masturbasi.

Maka dari itu, kecanduan masturbasi bukanlah persoalan sederhana, karena hal tersebut melibatkan dorongan psikologi untuk terus melakukan masturbasi. Dengan demikian, banyak orang yang merasa kecanduan masturbasi melakukannya secara impulsif.

Dikutip dari Choosing Therapy, masturbasi dalam intensitas yang wajar bisa jadi baik untuk tubuh. Namun, kalau sudah berlebihan justru akan membawa banyak efek buruk.

Kenapa sebagian orang sangat menyenangi masturbasi bahkan sampai kecanduan?

Masturbasi memberikan ketenangan dan rangsangan kesenangan pada otak. Dengan begitu, aktivitas masturbasi bukan hanya kegiatan fisik memegang organ vital, melainkan telah berpengaruh pada keadaan otak dan psikologi.

Batasan untuk menentukan seseorang telah kecanduan masturbasi atau belum mungkin cukup sulit. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah seseorang telah kecanduan masturbasi atau belum, berikut sembilan tanda kecanduan masturbasi.

1. Masturbasi menghabiskan banyak waktu dan energi
2. Kebiasaan masturbasi mengganggu kehidupan di rumah dan pekerjaan
3. Membatalkan acara agar bisa masturbasi
4. Melakukan masturbasi di tempat umum karena tidak tahan
5. Melakukan masturbasi bahkan ketika sedang tidak terangsang
6. Menjadikan masturbasi sebagai pelampiasan emosi ketika marah, sedih, atau kecewa
7. Merasa bersalah dan kesal setelah masturbasi
8. Melakukan masturbasi bahkan ketika sedang ingin masturbasi
9. Merasa sulit untuk berhenti berpikir tentang masturbasi

Ketika seseorang merasakan beberapa poin di atas ketika masturbasi, maka bisa jadi telah kecanduan masturbasi. Sesuatu yang berlebihan dan telah kecanduan tentu tidak baik bukan?

Seseorang yang telah kecanduan masturbasi harus berhati-hati dengan efek negatifnya. Dikutip dari India Times, terdapat beberapa efek negatif yang berbahaya bagi kesehatan tubuh apabila telah kecanduan masturbasi.

Efek negatif tersebut antara lain organ reproduksi menjadi luka, terkena stres, hingga berpengaruh pada kualitas hubungan seks.

Awalnya mungkin masturbasi dilakukan agar mengurangi stres, tapi kalau berlebihan justru akan menjadi penyebab stres. Lebih dari itu, masturbasi dapat berdampak pada performa saat berhubungan seks dengan pasangan.

Seorang pecandu masturbasi akan memiliki imajinasi dan orientasi kepuasan seks dengan dirinya sendiri, bukan dengan pasangan. Paling mengerikan adalah ketika organ reproduksi bisa terluka dan justru hal itu akan menyakiti diri sendiri.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)