Rabu, 01 Des 2021 20:30 WIB

Jangan Sembarangan! Catat 4 Cara Bersihkan Mr P Usai Seks

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Jangan sembarangan, ini empat cara membersihkan mr P usai bercinta. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Berhubungan seksual tidak melulu menjalin keintiman dan kedekatan dengan pasangan, tetapi juga perlu diperhatikan kebersihan setelah melakukannya.

Kebanyakan orang, terutama pria, cenderung melupakan pentingnya menjaga kebersihan alat kelamin setelah berhubungan intim. Padahal, kondisi penis setelah melakukan aktivitas seksual jauh lebih rentan terserang virus dan bakteri.

Penis pria terdiri dari dua jenis kulit, yakni mukosa dan keratin. Kulit mukosa sendiri tidak memiliki lapisan kulit mati di permukaannya sehingga bersifat sensitif dan mudah terluka. Sedangkan kulit keratin memiliki lapisan pelindung.

Apabila berhubungan seks, kulit penis akan terpapar oleh cairan vagina yang bersifat asam dan berisiko mengalami iritasi ataupun infeksi.

Lantas, bagaimana cara yang tepat membersihkan penis setelah berhubungan seks? Dikutip dari MensHealth, Rabu (1/12/2021), berikut tipsnya:

1. Bersihkan dengan air hangat

Setelah berhubungan seks, segeralah bersihkan penis Anda. Menurut Dr John Zampella, dianjurkan membersihkan penis menggunakan air hangat dengan cara di basuh. Cara lainnya, Anda bisa membersihkan penis dengan cara merendam handuk di air hangat.

Dr John Zampella juga merekomendasikan penggunaan sabun untuk membantu menyingkirkan bakteri. Namun, harus diperhatikan sabun yang digunakan tidak boleh mengandung pewarna dan wewangian yang menyebabkan iritasi.

Bersihkan penis dengan lembut, tidak perlu digosok terlalu kuat. Pastikan seluruh area penis terjangkau, seperti testis dan area dekat pantat. Bersihkan seluruh bagian yang terkena sabun dengan air hangat.

Apabila penis Anda belum pernah disunat dan bagian ujungnya tertutup oleh kulit, Anda dapat menarik perlahan bagian lipatan kulit tersebut agar area dalamnya dapat terjangkau.

2. Keringkan dengan benar

Setelah membersihkan dengan air hangat dan sabun, keringkanlah penis Anda. Apabila penis dibiarkan dalam keadaan basah dan Anda langsung tidur atau menikmati waktu berdua dengan pasangan, hal tersebut sangat berisiko.

Penis yang tidak dikeringkan dengan baik berpotensi menjadi sarang berkembangbiaknya bakteri karena kondisinya lembap. Oleh sebab itu, keringkan penis dengan handuk atau tisu setelah dibersihkan.

Keringkan area penis dengan cara ditepuk-tepuk, tidak perlu digosok terlalu keras. Menggosok area penis dengan permukaan handuk yang kasar justru menimbulkan iritasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2