Senin, 13 Des 2021 19:00 WIB

Durasi Paling Ideal untuk Bercinta, Butuh Berapa Lama?

Hartaty Varadifa - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion
Jakarta -

Tidak cuma perkara ukuran penis yang jadi kecemasan pria, tidak sedikit dari mereka yang takut durasi bercinta dengan pasangan tak tahan lama. Hal ini karena dikhawatirkan merusak momen intim bersama pasangan. Namun, sebenarnya ada nggak sih waktu ideal bercinta demi mencapai klimaks?

Ahli urologi dan ahli bedah panggul dr Rena Malik, membahas rata-rata lama waktu seks berlangsung dalam kehidupan yang sebenarnya.

Pada video dari kanal YouTube-nya, Malik menjelaskan hasil dari penelitian yang mengumpulkan data dari 500 pasangan di seluruh dunia, yang menhitung waktu durasi hubungan seksual menggunakan stopwatch.

Data terbatas pada seks penetrasi, tidak termasuk foreplay, dan hanya pasangan heteroseksual yang diteliti dalam studi ini. Seks penetrasi diukur dalam hal waktuin terms of intravaginal ejaculation latency time (IELT), waktu dari awal penetrasi hingga ejakulasi.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa IELT yang dianggap pria sebagai durasi "ideal" adalah 16 menit, tetapi mereka memperkirakan bahwa waktu sebenarnya lebih dekat ke 9 menit. Namun, menurut penelitian, rata-rata IELTS sebenarnya hanya 5,7 menit.

Malik mencatat bahwa waktu yang direkam berkisar kurang dari satu menit hingga 55 menit. Menariknya, durasi tersebut bisa bervariasi berdasarkan lokasi. Pada video tersebut iajuga menjelaskan bahwa Turki memiliki rata-rata IELTS terendah 4,4 menit, sedangkan Inggris Raya memiliki IELTS tertinggi sekitar 10 menit.

Tentu saja, semua penelitian ini hanya mengukur durasi seks sebagai lamanya waktu yang dibutuhkan pasangan pria untuk mencapai orgasme selama penetrasi, dan tidak memperhitungkan apa yang lebih disukai atau yang dianggap ideal bagi pasangan wanita.

Malik mengacu pada survei terhadap lebih dari 4.000 wanita yang menemukan bahwa IELT ideal mereka berada di kisaran 25 menit.

"Sekali lagi, ini bervariasi bagi setiap orang. Saya tidak akan menaruh terlalu banyak stok dalam angka-angka ini. Yang saya ingin sampaikan adalah durasi yang normal, dan durasi rata-rata nya. Dan jika kamu mencapai rata-rata, itu bagus. Yang terpenting adalah kamu dan pasangan bisa merasa puas" pungkas Malik melalui video kanal Youtubenya.




Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)