Selasa, 21 Des 2021 22:00 WIB

Manfaat Cuddling, Sesi 'Pemanasan' Sebelum Bercinta

Maulida Balqis - detikHealth
Close up of female feet in under the sheets. Foto: Getty Images/iStockphoto/santypan
Jakarta -

Bercinta memang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun, agar bisa lebih mesra dalam melakukannya, pasangan perlu melakukan sesi khusus yang konon dapat membantu menjaga keharmonisan. Sesi ini disebut cuddling.

Cuddling adalah aktivitas fisik di mana pasangan saling bersentuhan dan berpelukan dalam waktu yang lama. Berbeda dengan pelukan biasa, cuddling membutuhkan waktu yang lebih panjang serta keintiman yang lebih intens.

Apa manfaat cuddling?

Dikutip dari The Healthy, cuddling memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seorang pakar imunologi di Bulgaria, Lina Velikova, mengungkapkan cuddling atau berpelukan dapat meningkatkan hormon baik pada tubuh.

"Cuddling meningkatkan kadar oksitosin, yaitu hormon 'ikatan', dan menurunkan kadar kortisol, yaitu hormon 'stres'." ujarnya seperti dikutip dari The Healthy, Selasa (21/12/2021).

Hormon-hormon ini disebut memengaruhi segala hal, mulai dari kesehatan mental, sistem kardiovaskular, hingga kualitas tidur.

1. Meningkatkan kemampuan mengelola stres

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2018 di PLoS One mengungkapkan orang yang mendapatkan pelukan lebih mampu menghadapi peristiwa yang membuat stres dan lebih cepat bangkit dibandingkan mereka yang tidak mendapat pelukan.

2. Memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Psychological Science, orang yang mendapat pelukan secara teratur lebih kecil kemungkinannya untuk sakit dibandingkan orang yang tidak mendapatkan kontak fisik.

3. Memiliki kesehatan mental yang baik

James Córdova, seorang profesor dan psikolog klinis di Universitas Clark menyebutkan, orang yang sering berpelukan cenderung lebih tahan terhadap depresi dan kecemasan. Ia mengatakan, cuddling dapat membawa perasaan tenang dan nyaman serta dapat menenangkan perasaan cemas dan sedih.

4. Mengurangi rasa sakit

Meraih tangan orang yang dicintai ketika sedang sakit merupakan sebuah reaksi yang alami. Menurut penelitian yang diterbitkan pada 2018 di PNAS, gerakan kecil ini dapat secara signifikan memengaruhi seseorang ketika ia sedang merasa sakit.

5. Kualitas tidur lebih baik

Berdasarkan hasil survei Touch Fest, lebih dari 60 persen orang mengatakan pelukan dari pasangan sebelum tidur memiliki efek positif pada kualitas tidur mereka. Banyak pasangan menganggap bahwa berpelukan atau cuddling merupakan bagian penting dari rutinitas tidur mereka.

6. Menurunkan tekanan darah

Sentuhan fisik nyatanya memiliki efek menenangkan yang dapat menurunkan tekanan darah. Melansir Health Line, sebuah penelitian menunjukkan menggenggam tangan dan berpelukan dalam waktu sebentar bisa membantu menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik.

Bagaimana cara melakukannya?

Beberapa posisi cuddling ini dapat dicoba bersama pasangan:

1. Spoon

Spooning atau 'sendok' adalah posisi cuddling yang paling baik. Sama seperti posisi pada bercinta, dalam cuddling salah satu pasangan ada yang berperan sebagai 'big spoon'. Peran ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, kebanyakan memang dilakukan oleh pasangan dengan tubuh yang lebih besar atau yang lebih dominan. Posisi ini mengharuskan pasangan saling berdekatan dengan punggung sang 'little spoon' menyentuh perut 'big spoon'.

2. Half spoon

Posisi ini mengharuskan salah satu pasangan berbaring miring sementara yang satu memeluk dari samping. Pada posisi ini, pasangan dapat tetap berdekatan serta masih memiliki ruang gerak agar tidak begitu sesak.

3. Posisi berlawanan

Pada posisi ini, pasangan akan menghadap ke arah yang berlawanan, namun bokong dan punggung bawah saling bersentuhan. Dengan melakukan posisi ini, pasangan dapat tidur dengan lebih nyaman namun tetap senantiasa menjaga keintiman.

4. Honeymoon hug

Honeymoon hug merupakan posisi yang tepat untuk pasangan yang ingin terus berdekatan bahkan ketika tidur. Pada posisi ini, pasangan akan saling memeluk erat. Posisi ini mengharuskan tubuh saling berdekatan hingga bisa mendengarkan nafas dan detak jantung satu sama lain.

5. Sweetheart cradle

Sering digunakan ketika pasangan sedang ingin 'disayang'. Salah satu pasangan dapat berbaring telentang sambil menggenggam tangan dengan yang satunya bersandar di dada. Posisi ini terbukti memberikan ketenangan serta dapat membangun kepercayaan dan kenyamanan bagi pasangan.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)