Rabu, 12 Jan 2022 19:30 WIB

10 Manfaat Tidur Telanjang, Tingkatkan Kesuburan Hingga Kualitas Bercinta

Hartaty Varadifa - detikHealth
womans legs on bed Manfaat tidur telanjang (Foto: Getty Images/iStockphoto/MARIOS07)
Jakarta -

Sebagian orang mungkin masih terasa asing dengan tidur telanjang, namun faktanya tidur tanpa mengenakan pakaian bisa memberikan sejumlah manfaat lho!

Ada berbagai manfaat kesehatan yang terkait dengan tidur telanjang termasuk kualitas tidur yang lebih baik, pengurangan stres, meningkatkan kesehatan kulit, kesehatan reproduksi, citra tubuh, dan keintiman.

Dari berbagai keuntungan kesehatan ini pada dasarnya tidur telanjang memberi manfaat terhadap kesehatan mental, fisik, dan seksual.

Berikut ini 10 manfaat tidur telanjang yang telah dirangkum detikhealth dari berbagai sumber:

1. Tidur menjadi lebih cepat

Suhu tubuh adalah salah satu kunci bagaimana manusia tertidur. Hal ini sebenarnya bagian dari ritme biologis yang bertindak sebagai 'jam' tubuh untuk tidur.

Ketika tidak mengenakan pakaian, maka suhu tubuh akan menjadi dingin sehingga memberitahu tubuh kamu bahwa inilah saatnya untuk tidur. Maka tidur telanjang akan membantu kamu tertidur lebih cepat.

2. Kualitas tidur yang lebih baik

Mendinginkan tubuh tidak hanya membantu kamu tertidur lebih cepat, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Suhu ideal untuk kamar tidur adalah antara 60 dan 67°F (15 hingga 19°C).

Satu studi 2012 dari National Institutes of Health menemukan bahwa suhu ruangan tempat kamu tidur adalah salah satu faktor terpenting dalam mencapai kualitas tidur yang baik.

3. Menjaga kulit tetap sehat

Karena tidur telanjang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan, cara ini juga dapat memperbaiki kulit kamu.

Ini terbukti dalam suatu penelitian kecil yang dilakukan dengan membagi peserta menjadi tiga kelompok. Satu kelompok menerima cukup tidur, satu kelompok kurang tidur, dan kelompok lainnya juga kurang tidur tetapi menerima nutrisi tambahan.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa kelompok yang tidur lebih cepat dan memiliki waktu tidur yang cukup membantu kulit tetap sehat daripada dua kelompok lainnya. Tidur telanjang akan membantu memperoleh hal tersebut.

4. Mengurangi stres dan kecemasan

Alasan lain lebih baik tidur telanjang adalah dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan kamu secara keseluruhan. Bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur memiliki dampak besar pada tingkat stres. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan depresi dan bahkan meningkatkan risiko bunuh diri.

Penting untuk diingat bahwa meningkatkan kualitas tidur dan cukup tidur dapat membantu mengurangi resiko tersebut.

5. Mencegah penambahan berat badan

Jika kamu mengalami masalah tidur maka akan mempengaruhi kualitas hidup. Satu studi diikuti lebih dari 21.000 orang selama tiga tahun dan menemukan adanya kemungkinan hubungan antara kurang tidur dan penambahan berat badan.

Individu yang dilaporkan tidur sama dengan atau kurang dari 5 jam per malam lebih mungkin untuk bertambah berat badan.

Cara lain tidur telanjang dapat membantu kamu adalah dengan menjaga suhu tubuh lebih dingin di malam hari sehingga membantu meningkatkan kemampuan pembakaran kalori. Sebuah penelitian kecil yang diikuti lima pria menemukan bahwa paparan suhu yang lebih dingin, sekitar 66°F (19°C), membantu tubuh mereka membakar lemak.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hiburan Odong-odong Ramaikan Vaksinasi Anak di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]