Jumat, 14 Jan 2022 23:01 WIB

Anti Loyo! Ini 5 Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan Seks yang Sehat

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Kualitas seks yang menurun terkadang bisa menimbulkan permasalahan dengan pasangan. Menurunnya kualitas seks bisa terjadi karena masalah hormon, obat-obatan, kurangnya nutrisi yang baik, bahkan stres.

Namun tak perlu khawatir, sebab ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kualitas seksual yang lebih sehat agar performa di ranjang semakin maksimal hingga mencapai orgasme. Dikutip dari The Healthy, berikut informasinya.

1. Konsumsi nutrisi yang baik

Fungsi saraf yang baik, kadar hormon yang sehat, dan aliran darah yang tidak terhalang ke daerah panggul sangat penting untuk kinerja seksual. Untuk menjaga agar sistem ini berfungsi dengan baik, maka konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, produk biji-bijian, dan karbohidrat kompleks lainnya. Tak lupa tambahkan buah dan sayuran karena menyediakan banyak vitamin dan mineral di dalamnya.

2. Konsumsi makanan yang mengandung seng

Diketahui bahwa seng berkaitan dengan fungsi seksual, meskipun pentingnya untuk dorongan seks belum dijelaskan lebih dalam. Tanpa seng yang cukup, perkembangan seksual pada anak-anak akan tertunda. Selain itu pria juga membutuhkan seng untuk membuat sperma.

Seng banyak ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, termasuk makanan laut terutama tiram, daging, unggas dan hati, serta telur, susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Melakukan seks secara teratur

Melakukan hubungan seks secara sering tidak hanya membuat hubungan dengan pasangan semakin erat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang mendalam. Anda dan pasangan akan tidur lebih nyenyak karena hormon seperti prolaktin dilepaskan selama orgasme.

Beberapa penelitian menunjukkan hal itu bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berkontribusi pada kulit agar tampak lebih muda, menghilangkan rasa sakit, bahkan mengurangi kalori ekstra.

4. Hindari stres

Kelelahan dan depresi adalah penyebab umum dalam keluhan seksual. Kondisi ini sering dikaitkan, dan keduanya dapat tangani dengan olahraga secara teratur, yang merangsang produksi endorfin (zat kimia otak yang meningkatkan suasana hati).

5. Hindari alkohol

Efek alkohol pada fungsi seksual dinyatakan oleh William Shakespeare dapat membangkitkan keinginan berhubungan seks, tetapi dapat menghilangkan kinerja seks.

Alkohol juga memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen wanita. Ini bisa berdampak buruk pada kejantanan, menyebabkan impotensi dan menyusutnya testis pada pria ketika banyak mengkonsumsi alkohol.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)