Jumat, 28 Jan 2022 21:30 WIB

Tak Hanya Kenikmatan, Ini 7 Manfaat Orgasme yang Tak Disangka-sangka

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Young female holding hands sensually on red silk bed. Manfaat orgasme. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Orgasme merupakan puncak gairah seksual ketika semua otot yang tegang selama terangsang perlahan mengendur atau rileks. Selain untuk mencapai kenikmatan dalam berhubungan intim, orgasme juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh wanita.

Tingkat oksitosin atau yang dikenal sebagai 'hormon cinta' akan meningkat selama gairah seksual, dan diperkirakan mencapai puncaknya selama orgasme. Hormon ini memiliki peran penting dalam keintiman bersama pasangan.

Wanita yang mencapai orgasme saat berhubungan intim akan memperoleh berbagai manfaat kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut informasinya.

1. Dapat melancarkan siklus haid

Ketika wanita mengalami orgasme, darah dan nutrisi mengalirkan ke vagina, sehingga turut membantu mengoptimalkan kesehatannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang orgasme seminggu sekali lebih mungkin untuk memiliki siklus menstruasi yang teratur 26-33 hari dibandingkan mereka yang memiliki hubungan seks kurang atau lebih teratur.

2. Meringankan rasa sakit

Beberapa studi melaporkan bahwa orgasme dapat meredakan rasa sakit. Termasuk rasa sakit akibat radang sendi, rasa sakit setelah operasi dan bahkan rasa sakit pascapersalinan. Manfaat orgasme ini didapat juga dari kombinasi hormon oksitosin dan endorfin yang mampu menghilangkan sensasi nyeri.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Orgasme dapat meningkatkan kadar hormon dehydroepiandrosterone (DHEA) dalam tubuh sehingga memberikan manfaat kesehatan yang positif. DHEA digunakan untuk meningkatkan memori dan fungsi otak, dan sebuah studi menemukan bahwa hal itu bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

4. Menghilangkan stres

Dalam bukunya yang berjudul 'The Orgasms Answer Guide', seksolog Beverly Whipple mengutip hasil studi dari Carol Rinkleib Ellison. Ia menyebutkan bahwa orgasme dapat membuat tubuh rileks dan menghilangkan stres.

Hal ini terjadi karena adanya pelepasan hormon oksitosin dari sel-sel saraf di hipotalamus ke dalam aliran darah.

5. Wajah tampak awet muda

Menurut sebuah penelitian oleh David Weeks, seorang neuropsikolog klinis di Rumah Sakit Royal Edinburgh mengungkapkan bahwa wanita yang sering orgasme dapat membuat wajahnya terlihat 10 tahun lebih muda. Hal ini diduga kuat karena efek dari hormon, tepatnya human growth hormone (HGH), yang membuat kulit terlihat lebih elastis dan cerah.

6. Membuat tidur lebih nyenyak

Seks dapat membantu meredakan insomnia, hal ini karena setelah orgasme hormon prolaktin akan mendorong relaksasi dan membuat wanita bisa tidur lebih nyenyak. Penelitian juga menunjukkan bahwa berhubungan seks dapat memicu produksi prolaktin secara signifikan lebih banyak daripada masturbasi.

7. Menguatkan otot dasar panggul

Orgasme adalah serangkaian kontraksi otot, dan kontraksi tersebut dapat membantu wanita mempertahankan atau memperkuat otot dasar panggul. Kontraksinya sama dengan latihan kegel selama 3-10 detik.



Simak Video "Jangan Sembarangan Bercinta di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(/naf)