Sperma Encer dan Cair? 3 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Sperma Encer dan Cair? 3 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Selasa, 01 Mar 2022 19:35 WIB
ilustrasi sperma
Foto: iStock
Jakarta -

Sperma yang normal biasanya ditandai dengan tekstur yang kental. Ketika tekstur mendadak encer dan cair, sperma diwaspadai tidak cukup sehat untuk pasangan yang tengah menyiapkan program kehamilan.

Bukan tanpa sebab sperma pria bisa mendadak encer dan cair, ketahui tiga hal yang bisa menjadi penyebab sperma encer dan cair seperti dikutip dari Pulse.

1. Terlalu Banyak Ejakulasi

Hubungan seksual terlalu sering juga dapat menyebabkan produksi sperma menjadi encer. Hal ini juga bisa disebabkan karena terlalu sering masturbasi dalam sehari.

Kualitas sperma setelah keluarnya cairan pertama, kemungkinan akan menjadi encer. Tubuh memerlukan setidaknya beberapa jam untuk menghasilkan jumlah sperma yang normal dan sehat.

2. Keseringan Minum Alkohol

Alkohol tidak hanya mempengaruhi kualitas sel reproduksi, tetapi secara umum dapat membahayakan ginjal, jantung, otak dan organ penting lain dalam sistem tubuh.

Alkohol juga dapat mempengaruhi kesuburan dengan mengubah jumlah sel reproduksi, ukuran dan bentuk. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, bisa mempengaruhi kesuburan dengan menurunkan kadar testosteron, hormon perangsang folikel, hormon luteinizing, dan meningkatkan kadar estrogen yang mengurangi produksi sel-sel pada tubuh pria.

3. Gula

Mengkonsumsi gula berlebihan juga berhubungan dengan sperma pria yang cair. Terlalu banyak mengkonsumi gula akan melemahkan sistem tubuh yang akan mengakibatkan ketidakseimbangan dengan kualitas sel reproduksi.



Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT