Sabtu, 19 Mar 2022 20:33 WIB

Jangan Langsung Pakai Celana Setelah Bercinta, Ini Bahayanya

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Jangan langsung pakai celana setelah bercinta, ini bahayanya (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Setelah pasutri bercinta, ada beberapa do's and don'ts yang wajib diikuti agar kesehatan seksual keduanya tetap terjaga. Dikutip dari WebMD, ada beberapa hal yang wajib dilakukan setelah bercinta antara lain seperti membersihkan diri, pipis setelah seks dan minum segelas air putih.

Namun, ada satu langkah wajib lainnya yang belum begitu sering diketahui. Langkah tersebut adalah untuk tidak langsung menggunakan celana atau celana dalam, khususnya bagi para wanita.

Dirangkum dari beberapa sumber oleh detikcom, menggunakan celana atau celana dalam setelah seks dapat berbahaya bagi kesehatan vagina.

Hal ini dikarenakan dapat saja ada cairan tubuh berlebih yang penuh bakteri dan friksi yang ada karena menggunakan celana dapat menyebarkan bakteri tersebut.

Dari penyebaran bakteri tersebut, dapat menyebabkan penyakit yang menyerang vagina. Salah satunya adalah thrush atau infeksi jamur vagina yang disebabkan oleh jamur 'candida'. Jamur ini dapat muncul jika organ intim wanita dibiarkan lembap atau basah.

Beberapa gejala penyakit ini adalah rasa gatal dan nyeri berlebih pada vagina, rasa nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan intim dan vulva yang memerah serta membengkak.

Untuk menghindari ini terjadi, para wanita disarankan tidak menggunakan celana jeans atau legging setelah seks, menggunakan celana dalam dari bahan kapas yang menyerap kelembapan dengan baik, dan memastikan vagina telah bersih hingga kering sebelum memakai celana.



Simak Video "Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)