Bisa Bikin Sperma Jadi Memble, Pria Wajib Hindari 5 Jenis Makanan Ini

ADVERTISEMENT

Bisa Bikin Sperma Jadi Memble, Pria Wajib Hindari 5 Jenis Makanan Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 31 Mar 2022 21:30 WIB
ilustrasi sperma
Ilustrasi 5 makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kualitas sperma memble. Foto: iStock
Jakarta -

Untuk menjaga kesuburan, seorang pria wajib mewaspadai asupan makanannya. Ini karena sembarangan mengonsumsi makanan tertentu dapat berdampak terhadap produksi sperma.

Testis membutuhkan asupan nutrisi dan kondisi lingkungan yang baik agar dapat memproduksi sperma. Gangguan terhadap dua hal tersebut bisa membuat sperma yang diproduksi jadi lebih banyak yang abnormal atau sedikit.

Dikutip dari WebMD, setidaknya ada 5 jenis sumber makanan yang sebaiknya dihindari pria untuk menjaga kualitas dan kuantitas spermanya:

1. Daging olahan

Produk daging olahan seperti sosis, salami, dan semacamnya tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan. Studi telah melihat hubungan antara kebiasaan konsumsi produk daging olahan dengan produksi jumlah sperma yang lebih sedikit.

Produk daging olahan juga diketahui biasanya memiliki kandungan garam yang tinggi. Hal ini bisa jadi faktor risiko hipertensi, kondisi yang juga berhubungan dengan masalah disfungsi ereksi.

2. Makanan tinggi lemak jenuh

Hindari makanan goreng-gorengan yang tinggi kandungan lemak jenuh. Kolesterol yang tidak terkendali dapat menumpuk di pembuluh darah dan menjadi penyakit kardiovaskuler.

Beberapa studi mengaitkan lemak jenuh dengan produksi sperma yang lebih sedikit.

3. Produk kacang kedelai

Meski kacang kedelai sebenarnya sehat, bagi pria tidak disarankan dikonsumsi berlebihan. Alasannya kacang kedelai mengandung senyawa yang mirip dengan hormon estrogen.

Terlalu banyak hormon estrogen dalam tubuh dapat menghambat produksi sperma.

4. Produk Susu Tinggi Lemak

Peneliti tidak sepenuhnya yakin mengapa mengonsumsi produk susu tinggi lemak menyebabkan jumlah sperma lebih rendah. Satu teori yang populer adalah ini karena efek steroid yang kadang diberikan untuk menggemukkan sapi.

5. Produk Tercemar Pestisida

Waspada mengonsumsi produk buah atau sayur yang masih terkontaminasi pestisida. Beberapa pestisida bisa bersifat sebagai xenoestrogen atau hormon mirip estrogen. Hal ini dapat menurunkan jumlah sperma.

Inilah alasan mengapa selalu dianjurkan mencuci sayur dan buah sebelum dikonsumsi.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT