Kamis, 07 Apr 2022 20:50 WIB

Biar Mr P Tak Bau, Jangan Lewatkan 4 Kebiasaan Ini

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Banana as a symbol of male penis in hand on a yellow background hidden by censorship. Sexual masturbation and orgasm, impotence problem. Self-pleasure concept. Ilustrasi penis (Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Zastrozhnov)
Jakarta -

Sama seperti wanita, pria juga rentan mengeluarkan bau tidak sedap pada organ intimnya. Bau pada area genital pria tersebut bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti, kondisi lembab di area bawah dan juga pakaian yang dipakai.

Sering kali bau yang muncul di sekitar area penis merupakan hal yang normal terjadi. Namun, jika bau tersebut diikuti oleh keputihan dan bau yang kuat hingga mengganggu, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Pasalnya, bau normal yang terdapat pada area sekitar penis disebabkan oleh bercampurnya keringat dengan bakteri alami pada kulit di area bawah. Meski normal, terdapat banyak hal yang bisa dilakukan oleh pria untuk meminimalisir bau di sekitar penis tersebut.

Dikutip dari Men's Health, berikut 4 hal yang bisa dilakukan oleh pria untuk mengurangi bau tidak sedap yang muncul di sekitar Mr P.

Mencukur Rambut Kemaluan

Rambut kemaluan bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bau pada area penis. Sebab, rambut kemaluan rentan membuat area sekitar penis menjadi lembab. Tak perlu dicukur hingga habis, kamu bisa sekadar merapikan rambut tersebut untuk meminimalisir bau yang timbul.

Bersihkan dengan Benar

Penyebab lain penis berbau adalah kurang bersihnya area tersebut. Oleh sebab itu, sesudah buang air kecil, sebaiknya pastikan area sekitar penis sudah benar-benar bersih dan bukan hanya sekadar basah. Alih-alih hanya asal mengelapnya, bersihkan dengan cara mengusap penis dengan sedikit tekanan.

Pastikan juga untuk membersihkan kulit bagian bawah penis dengan sedikit tekanan. Sebab, minyak dan sel kulit mati yang berada di bawah sana bisa memicu tumbuhnya bakteri, sehingga rentan menimbulkan bau.

Keringkan usai Buang Air

Langsung memakai celana usai buang air kecil dan membasuhnya dengan air, sebaiknya keringkan terlebih dahulu menggunakan tisu. Sebab, penis yang basah akan menyebabkan area genital menjadi lembab dan rentan mengeluarkan bau tidak sedap.

Gunakan Celana Berbahan Katun

Bahan yang dipilih untuk dipakai di area penis sebaiknya merupakan celana yang terbuat dari bahan katun. Pasalnya, katun merupakan bahan yang bisa memberikan kebebasan bagi penis agar bisa bernapas dengan baik. Apabila sirkulasi udara di area penis lancar, maka bisa meminimalisir munculnya bau tidak sedap.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)