Minggu, 10 Apr 2022 03:21 WIB

Hasrat Bercinta Mendadak Muncul Saat Puasa? Ini Saran Zoya

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
Man and womans hands coming together facing the city night lights. Mengontrol libido saat puasa (Foto: Getty Images/iStockphoto/kieferpix)
Jakarta -

Selain tentunya makan dan minum, ada beberapa faktor lainnya yang dapat membatalkan puasa. Salah satunya adalah berhubungan badan dengan pasangan.

Di tengah bulan puasa, bagi pasutri yang sering berhubungan atau memiliki sebuah jadwal yang spesifik haruslah menyesuaikan agar puasa tetap lancar.

Sebenarnya tidak hanya di bulan puasa, dalam keseharian juga ada saat-saat yang mengharuskan untuk mengelola hasrat ingin berhubungan. Begini saran dari seksolog agar mengelola hasrat tersebut secara sehat.

"Namanya juga hasrat ya, kita kan kadang-kadang gak ada pemicunya. Kalo ada pemicunya, berarti kita harus hindari pemicunya," tutur Zoya Amirin, MPsi, FIAS, seorang seksolog klinis, pada acara daring e-Life: 'Tahan Dulu Ya Sayang, Kita Masih Puasa!', Jumat (8/4/2022).

Itu adalah salah satu saran dari Zoya agar dapat mengelola hasrat ingin berhubungan dengan pasangan. Hindarilah tontonan, audio, atau bahkan sosial media yang dapat sekiranya menjadi pemicu munculnya hasrat itu.

Zoya menyamakan hal tersebut dengan saat seseorang iseng menghampiri kulkasnya di tengah berpuasa dan kemudian muncul sebuah godaan untuk makan.

Namun, ia juga mengatakan bahwa ada saja orang yang tidak memiliki sebuah pemicu. Bisa saja, tiba-tiba, saat melihat pasangan sedang melakukan kegiatan sehari-hari, seperti bersiap-siap ingin kerja, muncullah hasrat ingin berhubungan.

"Nah, kalo hal-hal seperti itu, apa yang harus dilakukan? Cara mengelolanya, gitu ya, adalah dengan cara, oke masuk ke kamar, atau ke toilet kalo lagi di tempat umum, tapi pokoknya menyepi [menyendiri] dulu, tarik napas sampe 10 kali," kata Zoya.

Dengan bernapas dengan tenang sebanyak 10 kali, Zoya menjelaskan bahwa jantung yang berdebar-debar saat muncul hasrat tersebut akan mengikuti ritme napas dan juga ikut tenang.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menolak Ajakan Bercinta Juga Ada Triknya, Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
dMentor
×
Investasi Saham VS Aset Kripto
Investasi Saham VS Aset Kripto Selengkapnya