Sabtu, 23 Apr 2022 04:12 WIB

5 Alasan Pagi Hari Bisa Jadi Waktu Terbaik untuk Bercinta

Firdaus Anwar - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto: iStock
Jakarta -

Perubahan pola tidur yang terjadi di bulan Ramadan bisa membuat beberapa pasangan harus menyesuaikan waktu bercintanya. Ada pasangan yang mungkin sudah biasa bercinta di pagi hari saat sahur, tapi ada juga yang tidak.

Terkait hal tersebut, sebetulnya ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari bercinta di pagi hari.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut 6 alasan mengapa pagi hari bisa jadi waktu terbaik untuk bercinta:

1. Lebih Mudah Terangsang

Pagi hari bisa jadi waktu yang tepat untuk bercinta karena rangsangan seksual akan lebih mudah. Pakar seks Christie Cobb, MD, menjelaskan ini karena usai bangun tidur biasanya hormon dopamin yang mengatur rasa bahagia bisa jadi lebih tinggi.

Dampaknya stres bisa jadi lebih berkurang usai bangun tidur dan bercinta jadi lebih nyaman. Hormon stres diketahui merupakan faktor yang dapat menyebabkan kesulitan orgasme, ereksi, hingga mengurangi lubrikasi vagina.

2. Dorong Mood

Bercinta di pagi hari juga dapat mendorong suasana hati atau mood jadi lebih baik sebelum menjalani aktivitas sehari-hari. Hormon oksitosin dan dopamin dilepaskan oleh tubuh usai bercinta yang membuat kamu jadi lebih bersemangat.

3. Hilangkan Kantuk

Biasanya pagi hari bisa menjadi tantangan karena tidak semua orang bisa langsung semangat terjaga saat baru bangun tidur. Nah bercinta dengan pasangan dapat mengatasi masalah ini karena akan menstimulasi darah mengalir ke berbagai organ tubuh, membuat kamu langsung terjaga.

Anggap saja seperti olahraga di pagi hari.

4. Lebih Fokus

Di sore dan malam hari, banyak hal bisa mengganggu pikiran sehingga susah fokus saat bercinta. Sementara, strategi terbaik untuk menghindari distraksi seksual adalah menerapkan mindfullness.

"Kadang lebih bisa dicapai di pagi hari, sebelum tuntutan daftar pekerjaan meracuni otak," jelas pakar intimasi Christie Cobb.

5. Lebih Subur

Dalam beberapa kasus, pasangan yang sedang ingin cepat hamil bisa melakukan berhubungan seks di pagi hari. Hal ini juga sesuai dengan pernyataan Daniel Kort, ahli endokrinologi reproduksi di Neway Fertility.

Ini karena beberapa penelitian telah melihat hormon seks pria berada pada tingkat tertinggi di pagi hari.

"Pada sebagian kecil pasien mungkin ada situasi potensial di mana siklus kesuburan atau siklus konsepsi lebih mungkin terjadi saat berhubungan seks di pagi hari,' katanya kepada Fatherly.



Simak Video "Jangan Sembarangan Bercinta di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)