Minggu, 24 Apr 2022 20:45 WIB

Ejakulasi di Luar Saat Bercinta, Seberapa Besar Peluang Bisa Hamil?

Tasya Kania - detikHealth
ilustrasi sperma Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu cara mencegah kehamilan saat berhubungan seks adalah dengan menarik penis keluar dari vagina sebelum ejakulasi. Seberapa besar peluang keberhasilannya?

Perlu dicatat, dalam istilah medis ada yang disebut dengan precum atau pra-ejakulasi yaitu cairan bening keputihan yang keluar dari ujung penis saat terangsang tetapi sebelum ejakulasi penuh.

Apakah sperma bisa hidup dalam cairan precum? Beberapa penelitian menyebutkan kemungkinannya kecil, yaitu 4 dari 100 wanita bisa hamil dari precum.

Dikutip dari laman Very Weall Family, sperma hidup dicairan precum itu jarang sekali terjadi. Jika pun sperma tersebut hidup, kemungkinan kecil berpotensi menyebabkan kehamilan. Salah satu studi menemukan bahwa dalam sampel precum yang diambil dari 42 pria, sekitar 17 sampel sampel mengandung sel sperma yang bergerak.

Jadi kemungkinan hamil dari precum sangat kecil. Seperti disebutkan di atas, diperkirakan 4 dari 100 orang akan hamil jika menggunakan metode penarikan penis dengan benar.

Bahkan jika pria langsung menarik penis keluar dan ejakulasi terjadi jauh dari vagina atau daerah vulva, ada kemungkinan 4% kehamilan bisa terjadi. Kehamilan ini bisa disebabkan oleh sedikit sel sperma di precum.

Namun, apabila penis tidak dimasukkan ke dalam vagina, dan hanya ujung penis (dengan precum) yang bersentuhan dengan bagian luar vulva wanita, sangat tidak mungkin bahwa precum di bagian luar vagina akan menyebabkan kehamilan. Akan tetapi, secara teori kehamilan masih mungkin terjadi.



Simak Video "Jangan Sembarangan Bercinta di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(Tasya Kania/up)