Selasa, 03 Mei 2022 19:04 WIB

Bercinta Lebih dari Sekali Setiap Hari, Apa Sih Manfaatnya?

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Close up of female feet in under the sheets. Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/santypan
Jakarta -

Hubungan seksual yang sering digunakan untuk menunjukkan rasa cinta kepada pasangan bisa memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Mulai dari memperbaiki suasana hati, menghilangkan rasa stres, serta memicu kembali semangat setelah seharian bekerja.

Tak ada salahnya bila pasangan melakukan aktivitas bercinta setiap hari. Berikut manfaat kesehatan yang bisa dirasakan, seperti dikutip dari Times of India:

Membangun keintiman emosional

Berhubungan seks bukan hanya tentang keintiman fisik, berhubungan seks juga membantu memperkuat ikatan emosional antara kedua pasangan. Agar hubungan apa pun berhasil, penting bagi orang-orang yang terlibat secara emosional, berhubungan seks adalah cara yang bagus untuk membangun keintiman emosional itu.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Tentu, solusi terpenting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh adalah istirahat yang cukup, rajin olahraga, dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Namun, kamu bisa menambahkan upaya lainnya, seperti seks.

Bercinta secara teratur meningkatkan tingkat antibodi imunoglobulin A (IgA), yang membuat tubuh lebih kuat melawan penyakit seperti pilek dan demam.

Melepas stress

Ketika berhubungan intim tubuh manusia akan memproduksi banyak reaksi kimia dan yang menyebabkan perasaan nikmat dan bahagia seperti hormon dopamin, endorfin dan oksitosin. Hormon kortisol yang diproduksi ketika stres juga berkurang.

Meningkatkan kesehatan jantung

Studi lain dari New England Research Institute menemukan bahwa laki-laki yang berhubungan intim setidaknya dua kali seminggu memiliki resiko 45% lebih rendah untuk terjangkit penyakit jantung, dibandingkan mereka yang hanya berhubungan intim sekali sebulan atau lebih jarang. Perempuan yang sering berhubungan intim juga dilaporkan memiliki resiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah.

Meningkatkan kualitas tidur

Prolaktin merupakan hormon yang diproduksi tubuh setelah orgasme. Hormon ini memiliki efek menenangkan, dan alasan mengapa orang-orang tidur lebih baik setelah berhubungan intim. Seks dan tidur memang memiliki hubungan yang erat, perempuan dan laki-laki yang memiliki apnea, sebuah gangguan tidur, memiliki kehidupan seks yang lebih pasif. Hal ini disebabkan semakin teratur dan berkualitas tidur seseorang, libido juga semakin tinggi.



Simak Video "Jangan Sembarangan Bercinta di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)