Berapa Kali Keluarkan Sperma dalam Seminggu Jika Ingin Pasangan Cepat Hamil?

ADVERTISEMENT

Berapa Kali Keluarkan Sperma dalam Seminggu Jika Ingin Pasangan Cepat Hamil?

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Selasa, 10 Mei 2022 19:31 WIB
A sample of donor sperm and a doctors prescription
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Seperti kita ketahui, kehamilan terjadi jika sel telur wanita dibuahi oleh sel sperma dan ketika terjadi ejakulasi, sel sperma harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk membuahi sel telur. Oleh karena itu dibutuhkanlah sel sperma yang sehat dan berkualitas baik untuk membuahi sel telur.

Agar dapat menghasilkan sel sperma dengan kualitas baik dan jumlah yang cukup, ejakulasi tidak boleh dilakukan terlalu sering agar ada waktu yang cukup untuk memproduksi sperma sebanyak ejakulasi pertama. Untuk itu, dianjurkan untuk berhubungan seksual tiap 2 hari sekali atau kurang lebih 3-4 kali seminggu.

Selain berhubungan seksual dengan intensitas 2 hari sekali, penting juga untuk mengenal masa subur istri, mengonsumsi makanan penambah sperma dan penyubur kandungan, menghindari rokok, menjaga berat badan ideal dan menerapkan pola hidup sehat.

Menurut ulasan di Journal of Andrology tahun 2013, tubuh pria membutuhkan waktu sekitar 74 hari untuk menghasilkan sel sperma yang baru. Tapi waktu ini dapat bervariasi pada setiap orang.

"Seorang pria rata-rata menghasilkan sekitar 73 juta sel sperma per mililiter saat ejakulasi. Setelah seseorang melepaskan spermanya, mereka dapat hidup di vagina wanita hingga 5 hari," kata Perawat Rachel Nall, MSN, CRNA, dikutip dari Medical News Today.

Sementara itu dalam buku Biologi Edisi Kelima Jilid III karya Neil A. Campbell dkk, dijelaskan bahwa seorang laki-laki umumnya saat ejakulasi menghasilkan kurang lebih 5 mililiter semen atau air mani. Tiap mililiternya (ml) mengandung sekitar 50 sampai 130 juta sel sperma.

Jumlah sperma ideal yang keluar

Saat berusaha memperoleh keturunan atau program hamil, banyak suami dan istri bertanya, sebenarnya berapa kali dalam seminggu idealnya sperma harus dikeluarkan?

Sebenarnya, tidak ada jumlah sperma 'ideal' atau 'normal' yang keluar saat pria mengalami ejakulasi. Hal ini dapat disebabkan beberapa faktor, yakni usia, kondisi kesehatan, dan status hubungan dengan istri.

Menurut studi di Sexual Exploration in America tahun 2015, pria paling sering mengalami ejakulasi pada usia 25 sampai 29 tahun. Angka tersebut turun pada kelompok usia 30-an, dan terus menurun seiring bertambahnya usia.

Namun, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan masturbasi adalah hal yang paling umum terjadi di sepanjang usia pria.

Studi yang diterbitkan dalam Reproductive Biology and Endocrinology tahun 2015 menemukan bahwa pria yang ejakulasi setiap hari selama 14 hari kan mengalami sedikit penurunan jumlah sperma. Namun, pengurangan tersebut tidak menyebabkan jumlah sperma turun di bawah ambang batas normal.

Perlu diketahui, ternyata memang tidak ada patokan atau ukuran ideal berapa kali sperma harus dikeluarkan dalam seminggu. Namun, penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School menunjukkan bahwa seseorang yang berejakulasi setidaknya 21 kali dalam sebulan, memiliki peluang lebih kecil 31 persen terkena kanker prostat dibanding mereka yang berejakulasi 4-7 sebulan.

Ejakulasi sebenarnya memiliki manfaat untuk pria lho, Apa saja manfaatnya? Baca halaman berikutnya ya.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT