Sabtu, 14 Mei 2022 12:53 WIB

Terpopuler Sepekan

Serba-serbi Ukuran Kedalaman Miss V, Benarkah yang Dalam Lebih Memuaskan?

Firdaus Anwar - detikHealth
Cropped studio shot of an unrecognizable woman holding a lemon against gray background Foto: Getty Images/iStockphoto/Adene Sanchez
Jakarta -

Berbicara ukuran kelamin biasanya panjang penis pria yang ramai dibahas. Bagaimana dengan wanita? Ternyata vagina juga bisa memiliki ukuran kedalaman lho.

Menurut studi tahun 2005 yang dipublikasikan di British Journal of Obstetrics and Gynaecology (BJOG), rata-rata vagina bisa memiliki kedalaman 9,6 sentimeter (cm). Hanya saja para ahli mengingatkan ukuran tersebut tidak tetap karena vagina bersifat elastis dan ukurannya dapat berubah.

Spesialis kandungan dr Maureen Whelihan dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menjelaskan ukuran vagina dapat berubah saat seorang wanita terangsang, hamil, bersalin, atau sudah menopause. Sebagai contoh saat bersalin vagina dapat melebar sampai 15 cm atau lebih.

Vagina yang Dalam Lebih Memuaskan?

Beberapa orang mungkin berpikir vagina yang lebih dalam bisa memberikan kepuasaan seksual lebih. Namun, menurut studi yang ada saat ini tampaknya hal itu keliru.

Penelitian tahun 2010 yang dipublikasikan International Urogynecology Journal melihat faktor kedalaman vagina tidak berpengaruh terhadap akvititas seksual lebih dari 500 wanita heteroseks.

Spesialis kandungan dr Christine O'Connor dari Mercy Medical Center mengatakan ada faktor lain yang lebih penting daripada ukuran vagina terkait kepuasan seksual wanita yaitu lubrikasi, gairah, dan kedekatan emosi dengan pasangan.

"Vagina itu ukurannya tidak menetap... Bisa berganti-ganti untuk menyesuaikan apa yang terjadi," kata dr Chritine seperti dikutip dari WebMD, Sabtu (14/5/2022).

"Jadi bukan masalah kecocokkan ukuran fisik yang Anda cari terkait fungsi seksual. Lebih ke arah komunikasi antara pasangan untuk memastikan masing-masing merasa puas dan nyaman," lanjutnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Profesor Oz Harmanli dari Yale Medicine Urogynecology & Reconstructive Pelvic Surgery. Anggapan vagina yang lebih dalam akan lebih memuaskan tidak didukung bukti karena saat bercinta stimulasi utama biasanya datang dari klitoris.

"Bukti saat ini menunjukkan bahwa panjang vagina tidak berkaitan dengan kepuasan seksual. Kebanyakan wanita terangsang dari klitoris yang tidak tergantung pada panjang vagina," ungkap Oz.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)