Jumat, 13 Mei 2022 20:30 WIB

Sebenarnya, Berapa Sih Ukuran Miss V yang Normal? Ini Temuan Studi

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
Kembali Perawan, Kunyit dan Bunga Pepaya Ampuh Bikin Miss V Rapet Foto: Getty Images/iStockphoto/Uladzimir Zuyeu
Jakarta -

Sudah banyak info yang disediakan bagi para wanita untuk mencari tahu apakah payudara mereka normal dan sehat. Namun, sayangnya, belum banyak info mengenai cara mengetahui ukuran vagina yang normal.

Salah satu penyebab kesulitan ini adalah karena belum begitu banyak penelitian yang, secara khusus, meneliti mengenai ukuran vagina.

Meski begitu, Brook McFadden, MD, asisten profesor di divisi kedokteran panggul wanita dan bedah rekonstruktif di The Ohio State University, beberapa waktu lalu melakukan sebuah studi mengenai penampilan alat kelamin wanita.

Mengutip dari Women's Health, berikut rincian temuan McFadden mengenai ukuran labia minora, majora, klitoris, dan kedalaman vagina.

Ukuran Labia Minora

Labia minora merupakan bibir bagian dalam yang mengelilingi lubang vagina. McFadden menemukan bahwa labia ukuran labia minora kanan dan kiri agak sedikit berbeda.

Lebar labia minora kiri memiliki rata-rata 2,1 cm dengan lebar paling kecil berada di angka 0,4 cm dan paling besar di 6,4 cm. Untuk panjangnya, labia minora kiri memiliki rata-rata 4 cm dengan ukuran paling pendeknya adalah 1,2 cm dan paling panjang di angka 7,5 cm.

Untuk lebar labia minora kanan, rata-rata lebarnya adalah 1,9 cm. Lebar paling kecil adalah 0,3 cm dan paling besar adalah 7 cm. Kemudian, panjang labia minora kanan memiliki rata-rata 3,8 cm. Ukuran paling pendeknya adalah 0,8 cm dan paling panjang adalah 8 cm.

"Ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara labia minora kiri dan kanan, yang menunjukkan bahwa itu normal jika ukuran Anda berbeda," kata McFadden pada Women's Health.

Ukuran Labia Majora

Labia majora terletak di bagian luar, seperti sebuah tanda kurung di sekitar labia minora. Dari hasil peserta penelitian McFadden, kedua sisi labia majora memiliki rata-rata panjang 8,1 sentimeter dengan kisaran panjang 4,0 hingga 11,5 cm.

Menurut temuannya juga, semakin bertambah usia, ukuran labia minora dan labia majora seorang perempuan dapat mengecil. Menarik ya!

Ukuran Klitoris

Klitoris merupakan sebuah "pusat kenikmatan seksual" wanita yang memiliki lebih dari 8.000 ujung saraf di ujung klitoris. Dari studi McFadden, ia menemukan bahwa lebar rata-rata klitoris wanita adalah 0,8 cm dengan yang paling kecil adalah 0,2 cm dan paling besar di 2,5 cm.

Panjang klitoris para peserta studinya juga memiliki rentang dari 0,4 cm hingga 4 cm, dengan rata-ratanya berada di angka 1,6 cm.

Tidak hanya itu, ada sebuah temuan unik yaitu bagaimana lebar klitoris dapat membesar jika terangsang saat bercinta.

Ukuran Kedalaman Vagina

Sebuah studi dari 2005, yang menjadi rujukan McFadden, menunjukkan bahwa rata-rata ukuran kedalaman vagina adalah 9,6 cm dengan kisaran 6,5 cm hingga 12,5 cm.

Terlihat ada banyak variasi dalam hal ukuran vagina. McFadden menekankan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai ukuran vagina jika ukuran tersebut tidak menyebabkan rasa tidak nyaman atau sakit yang mengganggu fungsi seksual wanita.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)