Senin, 16 Mei 2022 21:00 WIB

Ladies, Catat! Ini Lho 4 Kebiasaan Simpel Sehari-hari yang Bikin Miss V 'Happy'

Vidya Pinandhita - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed Foto: iStock
Jakarta -

Tak melulu perihal 'skill', kualitas seks juga dipengaruhi oleh kesehatan dan kebersihan area genital. Mengingat, kebiasaan sehari-hari bisa mempengaruhi kesehatan vagina. Lantas, habit apa saja yang bisa bikin area miss V 'happy' selalu?

Lisa Lindley, MD, ob-gyn di Rancho Mirage, California membagikan sederet kebiasaan simpel sehari-hari yang bisa menjaga kesehatan dan kebersihan area miss V. Mulai dari perihal celana dalam sampai menu makan, berikut saran Lindley:

1. Bersihkan area vagina dengan arah depan ke belakang

Mungkin sudah sering terdengar, membersihkan area miss v tak boleh dengan sembarang sabun lantaran bisa mengganggu keseimbangan pH. Namun di samping itu, arah gerakan tangan ketika membersihkan area miss V juga punya pengaruh besar lho.

Pasalnya, membersihkan area miss v dengan arah depan ke belakang bisa mencegah masuknya E coli dan bakteri lain ke area vagina. Sebaliknya, membersihkan miss V dengan arah belakang ke depan dikhawatirkan bisa memicu masuknya bakteri ke area vagina.

"Anda pasti sudah pernah mendengar sebelumnya. Terdengarnya memang sederhana, tapi langkah ini sangat penting," terang Lindley, dikutip dari Cosmopolitan, Senin (16/5/2022).

2. Tidur selalu pakai celana dalam

Pernah mendengar bahwa tidur tanpa mengenakan celana dalam bakal terasa lebih nyaman? Eits, jangan salah. Lindley justru menyarankan para wanita untuk selalu tidur mengenakan celana dalam.

Meski sejumlah orang meyakini tidur tanpa celana dalam terasa lebih nyaman, Lindley mengingatkan, tidur sembari tak mengenakan celana dalam justru bisa memicu masuknya bakteri ke area miss V, lalu uretra.

Selain itu, pakaian dalam berbahan katun boleh jadi jenis terbaik untuk vagina lantaran bahan ini bisa menyerap keringat dengan baik.

3. Stop cuci celana dalam dengan deterjen beraroma

Secara alamiah, vagina mengandung cairan yang bekerja melindungi area sekitarnya dari risiko infeksi. Dikhawatirkan, bahan kimia dari deterjen beraroma justru memecah proteksi alamiah dari vagina.

4. Konsumsi makanan-makanan 'friendly' untuk miss V

Untuk bisa menangkal bakteri penyebab infeksi, vagina memerlukan proteksi dari bakteri sehat. Memakan makanan probiotik seperti yogurt dan keju, atau bawang mentah dan daun bawang diyakini efektif menjaga kerja bakteri baik di area vagina.

Pernah dengar bahwa minum jus cranberry bisa bikin aktivitas bercinta makin berkualitas? Eits, rupanya cranberry bisa buat kesehatan juga lho. Lindley menjelaskan, cranberry bisa menekan risiko infeksi saluran kemih (ISK) dan menghentikan bakteri yang menempel pada kandung kemih dan uretra.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)