Rabu, 18 Mei 2022 21:19 WIB

Miss V Juga Butuh Nutrisi, Ini Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Kewanitaan

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
ilustrasi vagina Foto: thinkstock
Jakarta -

Selama ini banyak makanan terbaik yang sering kita dengar seperti makanan biji-bijian dan makanan berserat untuk menjaga sistem pencernaan lancar. Atau juga makanan yang mengandung banyak air bisa membuat kulit lembab.

Akan tetapi, makanan apa yang terbaik untuk menjaga kesehatan vagina?

Tentunya organ intim juga perlu dijaga dari dalam tubuh dengan cara mencari tahu makanan apa yang disarankan dokter kandungan untuk menjaga kesehatan vagina. Dikutip dari laman Health, berikut rekomendasi makanan yang terbaik untuk vagina.

1. Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan yang memiliki nutrisi tinggi karena mengandung bakteri yang sehat, terutama yogurt yang memiliki kandungan Lactobacillus acidophilus dapat membantu menjaga pH vagina agar bisa terhindar dari infeksi jamur.

2. Jus Cranberry

Buah cranberry sudah sering digunakan untuk mencegah dan meredakan infeksi saluran kemih, karena dalam kandungan buah cranberry terdapat senyawa yang kandung kemih licin sehingga lebih tahan dengan E.coli, salah satu bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih.

3. Air

Orang yang sering minum air putih, tubuhnya akan tetap terhidrasi dan dapat membantu meningkatkan energi serta sirkulasi di organ kewanitaan. Salah satu dokter kandungan dan juga penulis The Complete A to Z for Your V merekomendasikan wanita yang mengalami vagina yang kering wajib minum 6 sampai 8 gelas setiap hari.

Selain itu, minum air putih yang cukup juga membantu untuk mencegah infeksi saluran kemih (ISK).

4. Jahe

Sebuah studi di Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen untuk meredakan kram perut dan peradangan saat nyeri haid.

5. Kedelai

Tahu atau tempe yang terbuat dari kedelai mengandung senyawa isoflavon yang memiliki kemiripan estrogen. Beberapa ahli juga menyebutkan tanaman yang memiliki efek seperti estrogen yang diproduksi secara alami oleh wanita, mengurangi kekeringan pad avagina akibat perubahan hormonal.

6. Alpukat

Kandungan vitamin B6 dalam alpukat dapat mengurangi gejala PMS seperti kembung dan kelelahan, hal ini juga tertulis dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Selain itu, alpukat juga baik untuk kesehatan vagina.

"Selain menyediakan potasium, antioksidan, serat, dan berbagai nutrisi utama, lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan dalam alpukat telah terbukti membantu meningkatkan kadar hormon yang terkait dengan pelumasan vagina," kata Cynthia Sass, ahli diet terdaftar dan konsultan untuk New York Yankees dan Brooklyn Nets kepada Health.

NEXT: Makanan yang buruk bagi kesehatan vagina

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]