Kamis, 19 Mei 2022 19:31 WIB

Apakah Vagina Selalu Berdarah Usai Seks Pertama? Ini Faktanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Benarkah vagina berdarah setelah seks pertama kali? (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Kebanyakan orang percaya wanita yang baru pertama kali berhubungan seks akan merasa sakit dan vaginanya mengeluarkan darah. Tak jarang, hal ini membuat kebanyakan wanita merasa takut untuk berhubungan seks.

Tapi, benar nggak sih saat wanita bercinta pertama kali akan berdarah dan sakit?

Dikutip dari laman NHS UK, ternyata itu tidak selalu terjadi. Beberapa wanita mungkin akan berdarah setelah melakukan hubungan seks pertama kalinya, sementara untuk yang lainnya tidak. Keduanya sangat normal.

Vagina seorang wanita mungkin bisa berdarah saat seks penetrasi pertama kalinya karena selaput dara-nya meregang atau robek.

Selaput dara adalah sepotong kulit tipis yang menutupi sebagian pintu masuk ke vagina. Bagi beberapa wanita, itu mungkin meregang atau robek saat pertama kali berhubungan seks.

Namun, bukan berarti wanita yang memiliki selaput dara yang melar atau robek itu tidak perawan. Selaput darah bisa meregang atau robek dengan mudah sebelum mereka melakukan seks.

Penyebab lain selaput dara meregang atau robek, yakni:

  • Kegiatan seperti menunggang kuda dan olahraga lainnya
  • Menggunakan tampon
  • Onani

Seorang wanita juga tidak bisa tahu apakah selaput dara miliknya telah merenggang atau robek. Sebab, itu tidak selalu menyebabkan rasa sakit atau perdarahan yang nyata.

Jika merasa khawatir tentang perdarahan yang terjadi usai berhubungan seks, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter umum atau klinik kesehatan seksual.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)