Senin, 23 Mei 2022 20:03 WIB

5 Cara Vagina Awet Muda, Kencang dan 'Menggigit'

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Ilustrasi vagina. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sama seperti wajah yang bisa kendur karena menua seiring usia, area kewanitaan juga sama. Namun, berbeda dengan wajah, vagina tidak perlu menggunakan produk antiaging.

"Ginekolog tidak memberitahu wanita hal-hal ini akan terjadi, dan kemudian wanita terkejut bahwa vagina dan vulva mereka telah berubah sepenuhnya selama beberapa tahun," kata Karen Boyle, MD, seorang ahli kesehatan seksual wanita dan peremajaan vagina kepada Health.

Dikutip dari Health, ada beberapa latihan untuk menjaga vagina tetap awet muda, di antaranya:

1. Sering melakukan latihan kegel

Manfaat kegel selain bisa membuat aktivitas seks menjadi lebih sehat juga dapat membuat vagina menjadi lebih kencang. Caranya adalah kontraksikan otot dasar panggul selama lima detik, rileks, dan ulangi 100 kali, dan lakukan latihan ini tiga kali sehari.

2. Jangan duduk terlalu lama dan latihan menggunakan bola

Untuk melatih otot vagina coba tukar kursi kerja dengan bola khusus yoga selama 15 menit sehari, hal ini bisa membuat otot-otot panggul bergerak secara alami dan bisa membuat dasar panggul tetap kencang.

3. Tetap aktif berhubungan seks

Rutin melakukan hubungan seks juga bisa membuat vagina tetap awet muda, hal ini juga sudah sering direkomendasikan oleh para pakar kesehatan reproduksi.

"Jika Anda tidak mendapatkan stimulasi dan peningkatan aliran darah ke area itu, jaringan dan otot bisa berubah," kata Boyle. Aliran darah sangat penting untuk pelumasan dan orgasme yang secara alami mulai hilang seiring bertambahnya usia.

4. Bersepeda

Menurut Christine Hamori direktur Bedah Kosmetik + Spa Kulit di Duxbury, Massachusetts, gesekan konstan dari selangkangan ke kursi sepeda dapat menarik dan meregangkan labia.

5. Jangan menggunakan sabun keras

Sabun yang kering dapat membuat kulit iritasi jadi gunakan pembersihan yang lembut karena kulit labia sangat sensitif.

"Anda melihat wanita dengan kulit wajah yang sangat kering karena mereka terlalu sering menggunakan produk yang menyedot air keluar dari sel. Itu juga bisa terjadi di bawah sana," ucap Boyle.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)