Apa Bahayanya Sering Memasukkan Jari ke Miss V? Ini Penjelasan Dokter

ADVERTISEMENT

Apa Bahayanya Sering Memasukkan Jari ke Miss V? Ini Penjelasan Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 24 Mei 2022 20:35 WIB
Cropped studio shot of an unrecognizable woman holding a lemon against gray background
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Adene Sanchez
Jakarta -

Memasukkan jari ke vagina atau sering disebut fingering bisa jadi salah satu cara memberi rangsangan seksual pada wanita. Fingering diketahui jarang menimbulkan komplikasi, namun tetap bisa menyimpan potensi bahaya, sama seperti aktivitas seksual lainnya.

Spesialis kandungan dr Rudi Simanjuntak, SpOG, dari IVF Morula Tangerang menjelaskan bahwa fingering bisa saja menimbulkan cedera yang merusak selaput dara. Ini terjadi bila fingering dilakukan dengan kasar.

"Bila fingering atau rangsangan dengan memainkan jari ke daerah alat vital wanita dilakukan dengan halus kemungkinan selaput dara atau hymen tidak rusak/sobek. Tetapi kalau dilakukan dengan agak kasar, kemungkinan bisa saja terjadi robekan atau hymen," kata dr Rudi pada detikcom beberapa waktu lalu.

Sementara itu, menurut ahli kandungan lainnya, dr RA Sita Daniswati Utari, SpOG, fingering dapat menimbulkan iritasi bila terlalu menekan dan sering dilakukan. Luka yang terjadi pada area sensitif ini akan lebih berisiko menjadi infeksi, terlebih bila kebersihan tangan tidak terjaga.

"Dapat menyebabkan luka pada vagina jika pasangan atau Anda panjang berkuku panjang, menyebabkan infeksi jika kebersihan tangan tidak terjaga," kata dr Sita Daniswati Utari.

"Meskipun risikonya rendah tetap ada risiko penularan penyakit kelamin, seperti klamidia, herpes, gonorea, human papillomavirus (HPV), dan human immunodeficiency virus (HIV)," pungkasnya.

(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT