5 Fakta Kedalaman Vagina, Lebih Elastis saat Terangsang?

ADVERTISEMENT

5 Fakta Kedalaman Vagina, Lebih Elastis saat Terangsang?

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Rabu, 25 Mei 2022 19:31 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
5 fakta kedalaman vagina, lebih elastis saat terangsang? Foto: iStock
Jakarta -

Vagina memiliki bentuk dan warna yang berbeda pada setiap wanita. Hal ini juga memicu pertanyaan apakah kedalaman vagina juga bisa berbeda, terutama di kondisi tertentu.

Tidak hanya pria, beberapa wanita juga belum mengetahui rata-rata kedalaman vagina. Berikut fakta-faktanya, dikutip dari BencoNews.

1. Rata-rata kedalaman vagina

Panjang kedalaman vagina berkisar antara 8 hingga 15 cm atau kira-kira sepanjang tangan rata-rata orang pada umumnya. Namun, kedalaman vagina dapat berubah di situasi tertentu, seperti saat berhubungan seks atau melahirkan.

2. Bentuk vagina saat hamil

Vagina ibu hamil akan mengembang dengan baik seiring berkembangnya janin, ketika akan melahirkan ibu hamil akan merasakan bahwa vagina mereka terasa melebar, kering, atau bahkan tidak sekencang saat belum melahirkan. Namun, hal itu akan kembali normal beberapa bulan setelah melahirkan.

3. Elastisitas pada vagina

Vagina wanita bersifat elastis, jadi faktanya untuk seorang wanita yang belum melahirkan, vagina mereka tidak akan menjadi longgar dikarenakan tidak adanya perubahan yang cukup signifikan pada vagina. Otot kontraksi pada vagina akan berkurang kekuatannya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu bertambahnya usia, operasi, atau frekuensi melahirkan.

4. Cara mempertahankan elastisitas vagina

Terdapat cara untuk tetap mempertahankan elastisitas vagina dan tetap mengencangkan otot pada area tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan senam kegel. Latihan ini dirancang untuk memperkuat otot-otot dasar panggul pada wanita agar lebih kuat.

Studi British Journal of Obstetrics & Gynaecology mengungkap rata-rata kedalaman vagina adalah 3,77 inci atau 9,6 cm. Serupa dengan penis, saat terangsang vagina bisa melebar antara 4,25 inci dan 4,75 inci. Menurut Go Ask Alice di Columbia University, hal tersebut disebabkan oleh gairah seksual yang menyebabkan serviks dan rahim naik saat dua pertiga bagian atas vagina memanjang.

5. Hal unik dari vagina

Vagina wanita adalah hal yang unik, tiap wanita mungkin memiliki bentuk dan penampilan yang berbeda, seperti bentuk labia yang tidak simetris, klitoris yang kecil, dan mungkin warna pada area tersebut cenderung lebih gelap. Tidak perlu insecure karena itu semua normal.

Tidak begitu penting bentuk dan warna dari vagina setiap wanita, selama itu tidak menimbulkan nyeri atau hal lain yang tidak biasa. Hal terpenting dari vagina adalah bagaimana Anda menjaga area tersebut tetap sehat.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT