Jumat, 27 Mei 2022 11:02 WIB

Disarankan Dokter Kourtney Kardashian, Apakah Menelan Sperma Ada Manfaatnya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kourtney Kardashian, left, and Travis Barker arrive at the Oscars on Sunday, March 27, 2022, at the Dolby Theatre in Los Angeles. (AP Photo/John Locher) Kourtney Kardashian dan Travis Barker. Foto: John Locher/Invision/AP/John Locher
Jakarta -

Kourtney Kardashian disarankan menelan sperma suaminya, Travis Barker, agar cepat hamil. Menurut klaim dokternya, menelan sperma bisa meningkatkan fertilitas.

Meski para ahli tak yakin akan saran tersebut, sebenarnya ada nggak sih manfaat menelan sperma?

Pada dasarnya bahan-bahan penyusun sperma bersifat aman. Nelson Bennett, MD, ahli urologi di Northwestern Memorial, menyebutkan bahwa sperma mengandung 80 persen air. Selain itu juga terdapat kandungan protein, asam amino, fruktosa dan glukosa, seng, kalsium, vitamin C, dan beberapa nutrisi lainnya.

Dikutip dari Healthline, tinjauan studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Andrology menemukan bahwa konsentrasi protein rata-rata air mani adalah 5.040 miligram (mg) per 100 ml. Ketika ejakulasi, pria dapat mengeluarkan sekitar 5 mL air mani, itu berarti ada sekitar 252 mg protein dalam satu kali ejakulasi.

Meskipun sperma memiliki kandungan nutrisi yang sehat, sperma tidak selalu bisa ditelan begitu saja. Bahkan bisa berisiko bagi kesehatan.

Sebagian orang ada yang alergi dengan air mani dan bisa terkena Infeksi Menular Seksual (IMS).

Menelan sperma juga berisiko bagi kesehatan jika seseorang memiliki alergi air mani, yang secara medis dikenal sebagai Hypersensitivity to Human Semen (HSS). Namun, pada dasarnya hal ini tidak hanya berkaitan dengan menelan air mani, tetapi juga ejakulasi langsung di mulut.

Sebuah penelitian juga mengklaim bahwa menggunakan obat kumur setelah menelan sperma tak akan bisa mengurangi risiko terkena IMS, alergi HPV, hingga HIV.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)