Wajib Tahu! Ini Risiko Menelan Sperma

ADVERTISEMENT

Wajib Tahu! Ini Risiko Menelan Sperma

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
Jumat, 27 Mei 2022 19:47 WIB
ilustrasi sperma
Ilustrasi sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Seks oral adalah salah satu aktivitas seksual yang umum, beberapa orang mungkin menikmati menelan sperma karena dapat meningkatkan suasana hati. Tentunya, sperma ini berasal dari ejakulasi.

Pria yang melakukan ejakulasi akan mengeluarkan campuran air mani dan juga sperma. Dikutip dari Men's Health, tidak ada satu kandungan di dalam sperma yang berbahaya apabila ditelan. Bahkan 80 persen kandungan sperma adalah air.

"Sperma memiliki (kandungan) fruktosa dan glukosa (keduanya gula), seng, kalsium, vitamin C, dan beberapa nutrisi lainnya," kata Nelson Bennett, ahli urologi di Northwestern Memorial kepada Men's Health.

Namun, apakah menelan sperma buruk bagi kesehatan?

Ahli proktologi yang memiliki spesialisasi dalam kesehatan seksual pria di Bespoke Surgical mengatakan bahwa sperma bagaimanapubn merupakan cairan tubuh yang memiliki risiko menularkan infeksi seksual. Di antaranya HIV, gonore, dan juga klamidia.

"Ya, masih ada risiko tertular HIV melalui seks oral , meskipun risikonya lebih rendah daripada seks penetratif ," tambah dr Evan.

Tidak hanya itu, menelan sperma juga bisa menyebabkan alergi sperma, pada dunia medis dikenal sebagai hypersensitivity to human semen (HSS).

Gejala HSS dapat bervariasi, biasanya berupa kemerahan, pembengkakan, dan gatal-gatal di area genital yang dimulai dalam waktu satu jam setelah menelan sperma.

Untuk itu penggunaan kondom untuk seks oral menjadi sangat penting untuk menghindari infeksi menular seksual.



Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT