Rabu, 01 Jun 2022 19:00 WIB

Butuh Berapa Kali Bercinta Jika Ingin Pasangan Cepat Hamil? Begini Studinya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Close up of female feet in under the sheets. Foto: Getty Images/iStockphoto/santypan
Jakarta -

Memiliki momongan adalah salah satu hal yang didambakan hampir setiap pasangan suami istri. Durasi berhubungan seks juga kerap dikaitkan dengan potensi memiliki keturunan.

Para pakar meyakini agar dapat menghasilkan sel sperma dengan kualitas baik dan jumlah yang cukup sebagai modal untuk pembuahan, ejakulasi tidak boleh dilakukan terlalu sering agar ada waktu yang cukup untuk memproduksi sperma. Untuk itu, dianjurkan untuk berhubungan seksual tiap 2 hari sekali atau kurang lebih 3-4 kali seminggu.

Selain berhubungan seksual dengan intensitas 2 hari sekali, penting juga untuk mengenal masa subur istri, mengonsumsi makanan penambah sperma dan penyubur kandungan, menghindari rokok, menjaga berat badan ideal dan menerapkan pola hidup sehat.

Menurut ulasan di Journal of Andrology tahun 2013, tubuh pria membutuhkan waktu sekitar 74 hari untuk menghasilkan sel sperma yang baru. Tapi waktu ini dapat bervariasi pada setiap orang.

"Seorang pria rata-rata menghasilkan sekitar 73 juta sel sperma per mililiter saat ejakulasi. Setelah seseorang melepaskan spermanya, mereka dapat hidup di vagina wanita hingga 5 hari," kata Perawat Rachel Nall, MSN, CRNA, dikutip dari Medical News Today.

Penting untuk diketahui bahwa Anda bisa hamil kapan saja selama siklus menstruasi, bahkan jika sedang menstruasi. Ini adalah salah satu alasan mengapa metode pengendalian kelahiran seperti "metode ritme" tidak terlalu andal dalam mencegah kehamilan.

Jika ingin mempercepat kehamilan, selain meningkatkan intensitas seks, penting juga untuk mengetahui masa subur Anda dan kualitas sperma pasangan.



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)