Kamis, 02 Jun 2022 21:00 WIB

6 Makanan Peningkat Kesuburan, Wajib Tahu Sebelum Bercinta

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Front view of happy young couple in pajamas decided to have fun by playing under red blanket during long days of quarantine at home. Foto: Getty Images/iStockphoto/fotostorm
Jakarta -

Kehamilan tentu sangat ditunggu oleh sebagian pasangan, terutama bagi mereka yang baru saja menikah. Kolaborasi antara suami dan istri dalam melakukan gaya hidup sehat bisa sangat mempengaruhi peluang kehamilan.

Tentu yang perlu diingat adalah tidak ada satupun diet ajaib yang dapat memberikan kehamilan. Terdapat faktor lain, seperti pengelolaan stres, tidur yang cukup, olahraga teratur serta faktor di luar itu yang turut serta berperan dalam proses kehamilan.

Namun, jika ditilik lebih lanjut, terdapat beberapa makanan yang disebut dapat meningkatkan kesuburan. Dikutip dari Laurel Fertility Care, beberapa sumber makanan dengan kandungan tertentu yang dapat dimasukkan ke dalam daftar diet untuk meningkatkan kehamilan di antaranya:

1. Kacang dan Lentil

Kacang dan lentil mengandung tinggi serat dan protein yang dapat membantu meningkatkan ovulasi. Penelitian membuktikan bahwa mengganti protein hewani dengan protein nabati dapat membantu mengurangi risiko infertilitas ovulasi.

Kedua makanan tersebut juga merupakan sumber asam folat yang sangat baik, zat yang berperan dalam pembuahan dan perkembangan embrio yang sehat.

2. Biji Bunga Matahari

Makanan ini cocok untuk para suami yang menginginkan istrinya cepat hamil. Makanan ini bisa dijadikan pilihan untuk menjaga tingkat sperma yang tepat tanpa mengubah pola makan dalam skala besar.

Biji bunga matahari yang dipanggang dan tidak diasinkan merupakan sumber vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Tak hanya itu, biji bunga matahari juga mengandung banyak seng, asam folat, dan selenium yang seluruhnya merupakan nutrisi untuk masalah kesuburan.

3. Buah

Buah terutama yang kaya akan antioksidan, dan juga beri yang merupakan sumber vitamin C dan asam folat, dapat memberikan pertumbuhan yang baik bagi janin.

Raspberry, blueberry, dan strawberry merupakan buah yang mengandung antioksidan alami dan fitronutrien anti-inflamasi, dua komponen tersebut dipercaya dapat meningkatkan kesuburan bagi pria maupun wanita.

4. Alpukat

Alpukat penuh dengan vitamin K, potassium, dan folat yang dapat membantu tubuh anda dalam banyak hal, seperti penyerapan vitamin dan pengaturan tekanan darah. Alpukat juga sumber lemak tak jenuh yang menawarkan banyak serat makanan dan folat, yang merupakan makanan penting pada awal masa kehamilan.

5. Yogurt dan Keju Yunani

Yogurt dan keju Yunani merupakan makanan berlemak yang sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan. Kedua makanan tersebut mengandung kalsium, probiotik, dan vitamin D yang seluruhnya membantu meningkatkan ovulasi.

6. Kuning Telur

Kebanyakan orang membuang kuning telur untuk mengurangi kalori, padahal kuning telur mengandung vitamin B dan omega-3 esensial.

Kuning telur juga mengandung asam folat yang membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah serta membantu menjaga perkembangan embrio setelah pembuahan.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(Afif Ahmad Rifai/fds)