Dokter Blak-blakan Penyebab Sperma Nggak Tokcer, Bikin Pria Tak Subur

ADVERTISEMENT

Dokter Blak-blakan Penyebab Sperma Nggak Tokcer, Bikin Pria Tak Subur

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Selasa, 07 Jun 2022 19:30 WIB
ilustrasi sperma
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Kesuburan atau kemampuan untuk memiliki anak terkadang menjadi masalah pada beberapa pasangan. Infertil atau tidak subur bisa menjadi akar masalahnya, dokter ungkap hal ini bisa disebabkan oleh pihak laki-laki dan perempuan.

"Jadi tidak hanya laki-laki saja yang bermasalah, tidak hanya perempuan saja yang bermasalah, tetapi semua (keduanya) bisa sama-sama bermasalah," ungkap dokter spesialis urologi Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM dr Wikan Kurniawan, dikutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (7/6/2022).

dr Wikan menyebutkan persentase sumber penyebab infertil antara lain 40:40:20, dimana 40% bersumber dari ketidaksuburan pria, 40% karena ketidaksuburan wanita, dan 20% lainnya karena memang pasangan tersebut sama-sama memiliki hormon tidak bagus.

Khusus infertil pada laki-laki dr Wikan menyebutkan selain karena genetik, asupan gizi yang kurang baik dapat mengganggu kesuburan pada pria. Diketahui, sperma adalah cairan yang banyak mengandung protein, glukosa, fruktosa, mikronutrien, dan nutrisi lainnya nan tentu didapatkan dari asupan gizi. Alhasil ketika seorang pria tidak memiliki asupan gizi yang baik, maka fertilitas atau kesuburannya juga tidak bagus.

Berikut ini faktor-faktor lain yang dapat mengganggu kesuburan pria menurut dr Wikan:

Konsumsi obat-obatan

Dokter Wikan menjelaskan bahwa pada beberapa obat-obatan menyebabkan anti pembelahan sel seperti obat anti kanker. Sehingga akan sangat mungkin sekali ketika seorang pria mengonsumsi obat-obatan seperti anti kanker maka kesuburannya juga tidak bagus.

Radiasi di Area Kelamin

Contohnya ketika seorang pria harus atau wajib diobati dengan menggunakan sinar di sekitar alat kelaminnya. Hal ini kemudian dapat membuat buah zakar pada kelamin pria tersebut menjadi tidak bagus.

Celana Dalam Ketat

Dokter Wikan menjelaskan bahwa pembentukan sperma menuntut suhu 2 derajat lebih rendah dari suhu tubuh. Oleh karena celana dalam yang ketat, maka buah zakar menjadi menempel ke kulit tubuh dan menjadi hangat. Hal ini kemudian dapat mengganggu proses pembentukan sperma.

Celana Terlalu Tebal

Celana yang tebal, seperti celana jeans, dapat mengakibat sirkulasi udara untuk kelamin pria menjadi tidak bagus, suhu kelamin pria menjadi hangat dan lagi-lagi proses pembentukan sperma terganggu.

Mandi Air Hangat Terlalu Sering

Sering mandi air hangat juga dapat membuat suhu alat kelamin pria menjadi hangat. Menurut dr Wikan dapat mengganggu proses pembentukan sperma.

Varikokel dan Gangguan Tiroid

Varikokel menyebabkan pembengkakan pada pembuluh vena dalam kantung buah zakar. Sedangkan gangguan tiroid dapat mengakibatkan terganggunya mekanisme tubuh, maka di titik ini proses perangsangan pengeluaran testosteron (hormon reproduksi) pada pria menjadi turun dan proses spermatogenesis (pembentukan sperma) juga dapat terganggu.

Terakhir, dr Wikan berpesan untuk dapat menjaga kesuburan yaitu agar selalu menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan mencukupi asupan gizi yang cukup.

"Jagalah kesehatan dengan baik, yaitu dengan asupan gizi yang cukup dan olahraga yang baik," pungkasnya.



Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT