Rabu, 22 Jun 2022 18:30 WIB

Keseringan Masturbasi Bikin Mr P Susah Berdiri? Dokter Ungkap Faktanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
yellow banana and the hand in the white background Foto: iStock
Jakarta -

Disfungsi ereksi kerap kali menjadi permasalahan banyak pria. Kondisi ini membuat seseorang mengalami ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi demi mencapai aktivitas seksual yang memuaskan.

Konsultan andrologi-urologi dari Rumah Sakit Universitas Indonesia, dr Widi Atmoko SpU(K) menyebut prevalensi disfungsi ereksi di Indonesia kurang lebih mencapai 35,6 persen. Sekitar 50 persen, dialami oleh mereka yang berusia 40-70 tahun.

"Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi guna mencapai aktivitas seksual yang memuaskan," dr Widi saat webinar virtual, Rabu (22/6/2022).

"Prevalensi disfungsi ereksi di Indonesia dari penelitian Prof Konco Birowo dan tim, kurang lebih 35,6 persen, di mana usia 40-70 tahun lebih dari 50 persen mengalami disfungsi ereksi. Semakin usia tua prevalensi semakin tinggi," sambungnya.

Adapun penyebabnya disfungsi ereksi bermacam-macam, mulai dari penyakit, pola hidup yang buruk, hingga stres.

Lantas, bagaimana dengan keseringan masturbasi?

Menurut dr Widi, keseringan masturbasi dari sisi medis sebenarnya tidak berpengaruh negatif. Akan tetapi, secara implikasi, kondisi tersebut bisa mempengaruhi standar kepuasan seseorang dalam kehidupan seksual. Begitu juga keseringan masturbasi bisa mengganggu aktivitas seksual bersama pasangan.

"Mastubarsi sebenarnya lebih ke arah ekspektasi ya, sebenarnya untuk definisi kesehatan secara medis tidak berpengaruh negatif. Tetapi secara nanti implikasinya adalah ketika pada saat sering nonton film porno, masturbasi, dia akan membuat standar kepuasan sendiri takutnya," kata dr Widi.

"Bahkan ada paper seperti itu, jadi ketika nanti dibandingkan dengan pasangannya itu bisa merasa tidak puas. Jadi, hati-hati," ucapnya.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)