Rabu, 22 Jun 2022 19:31 WIB

6 Tips Agar Tahan Lama di Ranjang, Bisa Lanjut Ronde Dua

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Front view of happy young couple in pajamas decided to have fun by playing under red blanket during long days of quarantine at home. Foto: Getty Images/iStockphoto/fotostorm
Jakarta -

Ejakulasi dini merupakan masalah kesehatan seksual pria yang paling umum dialami. Masalah tersebut terasa buruk bagi pria karena dia tidak bisa memberikan pengalaman seks yang baik kepada pasangan.

Dikutip dari For Hims terdapat beberapa hal yang perlu dicoba ketika anda atau pasangan anda mengalami masalah ejakulasi dini atau mungkin sekedar hanya ingin menambah durasi ketika di tempat tidur.

1. Melatih Otot Panggul

Jika seseorang ingin mempunyai kontrol yang lebih baik dalam ejakulasi saat berhubungan seks, maka hal yang perlu dilakukan adalah memperkuat otot panggul. Latihan tersebut biasa dikenal dengan istilah kegel.

Manfaat dari latihan tersebut bagi pria adalah meningkatkan fungsi ereksi dan mengatasi masalah ejakulasi dini.

Pada sebuah studi tahun 2014 yang dilakukan oleh 40 pria dengan ejakulasi dini seumur hidup, melakukan rehabilitasi otot dasar panggul selama 12 minggu.

Hasilnya, lebih dari 80 persen pasien telah memperoleh kendali atas refleks ejakulasi mereka dan meningkatkan Intravaginal Ejaculatory Latency Time (IELT) atau lamanya waktu untuk mencapai klimaks setelah menembus vagina.

Awalnya rata-rata waktu yang diperoleh pasien adalah dibawah 40 detik, setelah melakukan rehabilitasi tersebut meningkat menjadi kisaran 123,6 hingga 152,4 detik.

2. Fokus Pada Foreplay

Salah satu cara untuk meningkatkan durasi berhubungan seks adalah dengan memberikan foreplay pada pasangan. Hal ini dinilai efektif karena pasangan akan menjadi lebih terangsang dan foreplay juga memberikan waktu untuk melakukan pemanasaran sebelum memulai seks yang sesungguhnya.

Menurut survei yang diterbitkan oleh Journal of Sex and Marital Therapy yang melibatkan lebih dari 1.000 wanita, melaporkan bahwa lebih dari 30 persen wanita mengalami orgasme akibat dari stimulasi pada klitoris mereka.

Jadi manfaatkan waktu untuk melakukan foreplay agar pasangan menjadi lebih terangsang. Foreplay dapat dilakukan dengan jari, mulut, atau mainan seks.

3. Mencoba Posisi Berbeda

Mencoba posisi seks baru dapat menjadi cara untuk menambah variasi dalam kehidupan seks bersama pasangan. Tak hanya menambah variasi, mencoba posisi seks baru juga dinilai dapat membantu pria menjadi lebih tahan lama.

Salah satu posisi yang bisa dicoba adalah cowgirl. Posisi tersebut dilakukan dengan pria berbaring di bawah, kemudian pasangan menaikinya dan mengambil posisi menduduki pria. Pada posisi tersebut, wanita akan memegang kendali, sehingga akan membantu menunda ejakulasi karena kendali bukan ada pada pria.

4. Metode Start-stop

Metode start-stop adalah sebuah metode yang dapat dipraktikan secara mandiri untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik dalam ejakulasi.

Konsep dari metode ini sederhana, seseorang harus membawa dirinya hingga ke tepi ejakulasi lalu berhenti sampai orang tersebut dapat mengendalikan keinginan untuk ejakulasi. Lakukan hal tersebut hingga tidak mampu lagi untuk menahan ejakulasi.

Keuntungan metode ini adalah seseorang akan merasakan kenikmatan orgasme yang lebih kuat ketika ketegangan yang menumpuk akibat merode tersebut terlepas.

5. Metode Meremas

Cara lain untuk mempertahankan ejakulasi adalah dengan melakukan teknik peremasan. Ide dari metode ini adalah dengan melakukan peremasan tepat ketika seseorang merasa akan mencapai klimaks.

Ketika seseorang merasa akan mencapai klimaks, segera hentikan kontak seksual dan tekan ujung penis tepat di tempat kepala bertemu dengan batang. Tekan cukup keras hingga orang tersebut dapat menahan orgasmenya dan tunggu hingga kembali ke tahap pra-klimaks.

Ketika berada di tahap pra-klimaks orang tersebut dapat melanjutkan aktivitas seksualnya.

6. Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular memiliki peran penting dalam hal kinerja seksual. Hal tersebut juga termasuk dalam meningkatkan daya tahan seorang pria dalam berhubungan seks.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, tingkat latihan kardiovaskular mingguan yang tinggi mungkin memiliki efek perlindungan terhadap disfungsi seksual pada pria dan wanita.

Terdapat banyak cara untuk melatih kebugaran kardiovaskular, seperti jogging, bermain basket, hingga pergi mendaki.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(Afif Ahmad Rifai/kna)