Pagi-pagi Mr P Ogah Ereksi, Dokter Urologi Sebut Kemungkinan Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Pagi-pagi Mr P Ogah Ereksi, Dokter Urologi Sebut Kemungkinan Penyebabnya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kamis, 23 Jun 2022 11:30 WIB
banana with open skin in the tossed state on a dark background
Ilustrasi penis. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Albert Yarullin)
Jakarta -

Morning Wood merupakan istilah slang yang biasa mengacu pada penis yang mengalami ereksi pada saat bangun di pagi hari. Istilah medisnya adalah Nokturnal Penile Tumescence (NPT) atau tumor penis nokturnal.

Hal itu terjadi bukan karena seorang pria semalam mimpi atau memikirkan hal berbau seks, namun itu merupakan fungsi normal dari sistem reproduksi pria. Faktanya, NPT secara teratur mengindikasikan bahwa pria tersebut sehat.

Akan tetapi, apabila seorang pria tidak mengalami NPT secara terus-menerus, bisa jadi itu merupakan indikasi masalah seksual, seperti disfungsi ereksi. Lantas, apa penyebabnya?

Konsultan andrologi-urologi dari Rumah Sakit Universitas Indonesia, dr Widi Atmoko, SpU(K), menyebut hal itu bisa saja terjadi apabila seseorang mengalami stres yang berat, tidur yang tidak nyenyak, ataupun kecapean.

Namun, jika seorang pria didiagnosis tidak mengidap gangguan psikogenik ataupun masalah kesehatan, begitu juga tidak mengalami ereksi di pagi hari, dr Widi menyebut bisa saja ia mengalami gangguan disfungsi ereksi.

"Ereksi pagi hari menjadi salah satu informasi yang mudah kita dapatkan, tinggal kita tanyakan pada pasien pria masih ada nggak ereksi di pagi hari. Tapi memang jangan saklek, kadang kadang kalau tidurnya kecapean, lagi stres sangat berat, misalnya pagi tidurnya juga tidak nyenyak, itu juga menyebabkan ereksi tidak fit di pagi hari," tuturnya saat webinar virtual, Rabu (22/6/2022).

"Tapi secara kesimpulan kita masih lihat, belakangan ini beberapa minggu itu kayak gimana ereksi paginya? Misalnya ada tiga hari, tidur pulas, dan dia juga tidak ada gangguan psikogenik, nanti dia ditanya apakah masih ada ereksi pagi atau tidak. Kalau jelas-jelas tidak ada ereksi pagi hari, sebenarnya bukan ereksi kuatnya, minimal tapi ada ereksi, nah itu mungkin kita mesti hati-hati. Mungkin dia memang ada gangguan disfungsi ereksi," lanjutnya.



Simak Video "Klinik Pengobatan Mak Erot Juga Bisa Tangani Keluhan Mr P Patah"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT