ADVERTISEMENT

Jumat, 24 Jun 2022 21:30 WIB

Jangan Langsung Tidur, Catat 5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Seks

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Ilustrasi hubungan seks suami istri Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic
Jakarta -

Hal pertama yang dirasakan oleh pasangan setelah berhubungan seks adalah merasa rileks dan sebagian merasa ngantuk. Meskipun begitu, pasangan tidak disarankan untuk langsung tidur.

Disarankan bagi pasangan yang telah melakukan hubungan seksual untuk membersihkan alat kelamin masing-masing agar tetap bersih dan terhindar dari kemungkinan adanya masalah kesehatan.

Dikutip dari Insider, terdapat beberapa hal yang justru sebaiknya dilakukan oleh pasangan ketika telah selesai melakukan hubungan seksual.

1. Buang Air Kecil

Mungkin beberapa orang merasa tidak romantis apabila telah selesai melakukan hubungan seks langsung pergi ke kamar mandi dan meninggalkan pasangan. Tetapi, mengosongkan kandung kemih adalah hal yang lebih penting, terutama bagi para wanita.

Menurut Dr Carolyn De Lucia seorang OB-GYN di Los Angeles mengatakan bahwa mengosongkan kandung kemih merupakan hal yang penting, karena aktivitas seksual dapat mendorong perpindahan bakter ke uretra.

"Sebuah ide yang baik untuk mengosongkan kandung kemih setelah berhubungan seks, karena aktivitas tersebut membantu transfer bakteri dari anus ke vagina atau uretra. Sehingga mengosongkan kandung kemih adalah cara agar terhindar dari infeksi saluran kemih," tutur Dr Carolyn.

2. Membersihkan Area Genital

Setelah melakukan hubungan seksual sebaiknya pasangan membersihkan area genital masing-masing, tentunya dengan produk tanpa pewangi tambahan.

Menggunakan produk kesehatan genital yang memiliki tambahan parfum dikhawatirkan hanya akan membuat kulit area tersebut menjadi iritasi, terutama kulit area vagina.

"Penggunaan sabun atau produk dengan pewangi tambahan dikhawatirkan bakteri baik yang tumbuh di sekitar vagina ikut terbunuh, idealnya seorang wanita cukup membersihkan area tersebut hanya dengan air hangat saja," ujar Dr Allison Hill seorang OB-GYN di Los Angeles County Hospital.

3. Membersihkan Mainan Seks

Sama halnya seperti tubuh, mainan seks juga perlu dibersihkan setelah menggunakannya. Mainan seks yang setelah digunakan tidak dibersihkan kembali dikhawatirkan dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri jahat.

"Mainan seks biasanya terbuat dari bahan sintetis dan bisa menampung bakteri, menjaga kebersihannya adalah hal yang penting agar tidak meningkatkan risiko infeksi ketika menggunakannya kembali," ujar Dr Carolyn.

4. Ganti Baju Dengan yang Lebih Longgar

Memakai pakaian ketat segera setelah berhubungan seks bukanlah hal yang baik, lebih baik untuk memberikan udara bebas pada tubuh agar tubuh dapat membersihkan dirinya secara alami.

"Biasanya setelah berhubungan seks akan mengeluarkan cairan tubuh, dikhawatirkan cairan tersebut masih tertinggal sehingga dapat menjadi sarana untuk penyebaran bakteri," ujar Dr Carolyn.

"Lebih baik tidak menggunakan apa-apa atau hanya menggunakan pakaian longgar setelah berhubungan seks agar tubuh dapat membersihkan dirinya sendiri secara alami," sambungnya.

5. Memberikan Perhatian Pada Pasangan

Mengambil ponsel atau menyalakan TV adalah hal yang sebaiknya ditunda terlebih dahulu setelah berhubungan seks. Sesaat setelah berhubungan seks adalah waktu yang tepat bagi pasangan untuk menjalin ikatan yang lebih mesra.

"Ketika berhubungan seks, pasangan akan melepaskan banyak dopamin dan oksitosin, atau hormon ikatan, sehingga berada bersama pasangan akan menciptakan hubungan yang lebih dalam antar keduanya," ujar Larry Young, seorang profesor psikiatri dari Emory University di Atlanta.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya