Selasa, 16 Nov 2021 20:24 WIB

Berapa Lama Sih Durasi Ideal Berhubungan Seks? Ini Hasil Risetnya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Durasi bercinta yang ideal (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Pengalaman seks yang memuaskan tentu menjadi keinginan banyak pasangan. Tak sedikit pula yang menganggap durasi berapa lama berhubungan seks menjadi salah satu faktor mendapatkan seks yang memuaskan. Sebenarnya berapa lama durasi ideal berhubungan seks?

Terkait durasi lebih lama dalam berhubungan seks, ejakulasi dini bisa menjadi sumber kekhawatiran bagi banyak pria. Namun, di sisi lain, menunda ejakulasi juga dapat menyebabkan masalah serupa.

Dikutip dari Men's Health, Selasa (16/11/2021), ahli urologi dan ahli bedah panggul Rena Malik, MD, membahas rata-rata berapa lama waktu seks berlangsung dalam kehidupan nyata.

Lewat video baru yang diunggah melalui akun YouTube-nya, Malik memberikan rujukan sebuah penelitian yang mengumpulkan data dari 500 pasangan di seluruh dunia yang merekam durasi hubungan seksual mereka menggunakan stopwatch.

Penelitian tersebut mencakup seks penetrasi, tidak termasuk foreplay, dan hanya dilakukan terhadap pasangan heteroseksual. Sementara untuk seks penetrasi diukur dalam hal waktu latensi ejakulasi intravaginal (IELT) atau waktu yang dibutuhkan pria untuk ejakulasi selama penetrasi vagina.

Dari studi tersebut diketahui bahwa IELT yang dianggap pria sebagai durasi "ideal" adalah 16 menit, tetapi diperkirakan bahwa waktu sebenarnya bisa lebih singkat yakni sekitar 9 menit. Sementara menurut penelitian lain, rata-rata IELTS sebenarnya hanya 5,7 menit.

Di samping itu, Malik juga mencatat, bahwa waktu yang direkam berkisar antara kurang dari satu menit hingga 55 menit.

"Menariknya, itu bervariasi berdasarkan lokasi," pungkas Malik.

Malik menambahkan, Turki memiliki rata-rata IELTS terendah, yakni 4,4 menit, sedangkan Inggris Raya memiliki IELTS tertinggi sekitar 10 menit.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kekhawatiran Mahasiswa di Afsel Atas Kemunculan Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]