ADVERTISEMENT

Sabtu, 02 Jul 2022 21:00 WIB

Ingin Bercinta Setelah Operasi Caesar, Boleh Nggak Sih? Ini Lho Penjelasannya

Christina Butarbutar - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Beberapa wanita berpikiran bahwa melahirkan secara caesar akan menjadi masalah dalam aktivitas seksualnya. Penelitian menunjukkan wanita dengan persalinan pervaginam dan operasi caesar melaporkan tantangan seksual dalam tiga bulan pertama setelah melahirkan.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks setelah pasca operasi caesar?

Belum ada yang mampu membenarkan untuk kembali melakukan aktivitas seksual setelah persalinan sesar. Namun, banyak wanita akan menunggu antara empat sampai enam minggu setelah operasi caesar untuk kembali berhubungan seksual.

Beberapa wanita siap untuk berhubungan seksual lebih cepat daripada yang lain. Namun, wanita sebaiknya kembali berhubungan seks setelah mendapatkan izin dari dokter kandungan pasca melahirkan secara sesar. Tak lain, untuk membantu pemulihan pasca persalinan.


Staples dari tempat sayatan akan dilepas dalam waktu seminggu setelah operasi. Rasa tidak nyaman di area sayatan merupakan hal yang sudah biasa terjadi. Beberapa wanita mengalami mati rasa atau kesemutan selama berbulan-bulan setelah operasi.

Beberapa wanita mungkin merasa takut saat pertama kali berhubungan seks, khususnya pasca melahirkan. Pasalnya, seks bukan hanya perihal fisik, namun juga mental. Ketakutan apapun yang muncul untuk memulai berhubungan seks lagi sangat nyata.

Maka dari itu, pastikan untuk berbicara dengan pasangan, luangkan waktu, dan lakukan beberapa pemanasan non-seksual, seperti pijat, untuk membantu rileks.

Beberapa wanita mengalami disfungsi seksual setelah persalinan sesar. Jika Anda merasa seks sangat menyakitkan, jangan lupa gunakan pelumas sebagai pelicin. Selain itu, pastikan untuk berbicara dan melakukan konsultasi dengan dokter.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(Christina Butarbutar/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT