Bisakah Pria Memperbanyak Volume Ejakulasi? Ahlinya Bilang Begini

ADVERTISEMENT

Bisakah Pria Memperbanyak Volume Ejakulasi? Ahlinya Bilang Begini

Indi Mutiara Saniyah - detikHealth
Minggu, 17 Jul 2022 19:26 WIB
ilustrasi sperma
Bisakah volume sperma ditingkatkan? (Foto: iStock)
Jakarta -

Ada banyak suplemen yang dijual di pasaran dengan klaim dapat meningkatkan volume sperma dan air mani. Namun, apakah suplemen tersebut benar-benar berfungsi?

Berfungsi atau tidaknya suplemen penambah air mani tergantung dalam penggunaannya. Ada beberapa bukti, kata Brahmbhatt dalam laman Menshealth.com, bahwa kombinasi suplemen seperti seng, asam folat, selenium, dan vitamin C dapat meningkatkan jumlah sperma secara khusus.

"Studi individu telah menunjukkan persentase kecil dari manfaat masing-masing suplemen untuk kesuburan. Jadi, teorinya ketika menggabungkan semua suplemen tersebut dalam beberapa bentuk akan membantu memaksimalkan kesehatan sperma," ujar Jamin Brahmbhatt, M.D., co-director di The PUR Clinic kepada menshealth.com.

Namun, tidak banyak bukti dengan mengonsumsi berbagai suplemen dapat meningkatkan volume air mani. Jika pria ingin tetap terhidrasi harus mengonsumsi air kelapa. Menurut Brahmbhatt ada banyak alasan volume air mani bisa naik atau turun setiap hari.

"Ada begitu banyak alasan mengapa volume bisa naik atau turun setiap hari. Beberapa suplemen ini dapat meningkatkan jumlah sperma, tetapi itu umumnya tidak menyebabkan perubahan signifikan dalam volume air mani," jelas Brahmbhatt.

Faktanya, bintang porno Peter North, yang terkenal memproduksi ejakulasi dalam jumlah besar, menjaga tubuhnya terhidrasi dengan air kelapa untuk meningkatkan jumlah air mani. Bahkan, ia tidak mengetahui mengapa ia dapat menghasilkan banyak air mani.

"Saya juga tidak tahu mengapa dapat menghasilkan banyak air mani. Semua orang berpikir alasannya adalah karena saya memiliki kelenjar prostat ekstra atau sesuatu, tetapi itu hanya genetik," ujar Peter North.

NEXT: Waspada jika cairan sperma terlalu sedikit

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT