ADVERTISEMENT

Senin, 25 Jul 2022 19:25 WIB

Apakah Menelan Sperma Bisa Hamil? Cek Faktanya di Sini

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
ilustrasi sperma Apakah menelan sperma bisa hamil? Foto: iStock
Jakarta -

Sperma bisa saja tertelan saat melakukan aktivitas seksual, seperti seks oral. Usai sperma tertelan, tak sedikit pasangan yang juga merasa was-was atau khawatir lantaran bisa menyebabkan kehamilan. Lantas, apakah menelan sperma bisa hamil? Simak berikut ini.

Apakah Menelan Sperma Bisa Hamil?

Dikutip dari Medical News Today, menelan sperma tidak bisa membuat seorang wanita hamil. Hal tersebut karena sistem pencernaan tidak terhubung dengan sistem reproduksi.

Ketika seseorang tak sengaja menelan sperma, cairan ini nantinya akan masuk dan diproses melalui sistem pencernaan, sama halnya seperti seseorang menelan makanan atau minuman.

Seorang wanita kemungkinan baru bisa mengalami kehamilan apabila sperma tersebut masuk melalui vagina dan bergerak ke sel telur.

Apakah Menelan Sperma Berbahaya?

Umumnya sperma tidak memiliki komponen yang berbahaya. Namun, ada beberapa kasus sperma juga tidak bisa ditelan lantaran bisa memicu sejumlah risiko penyakit. Misalnya, sperma dari pria yang tidak sehat atau sebagainya.

Pasalnya, sperma dari pria yang tidak sehat bisa mengandung sejumlah virus yang dapat ditularkan melalui cairan tubuh dari pria yang terinfeksi, seperti:

  • Human Immunodeficiency Virus (HIV)
  • Herpes
  • Sipilis
  • Gonore
  • Klamidia
  • Trikomoniasis
  • Human papillomavirus (HPV)
  • Hepatitis B dan C

Risiko penularan IMS melalui seks oral juga lebih tinggi jika ada luka terbuka di mulut, atau memiliki kebersihan mulut yang buruk. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hepatitis B juga dapat ditularkan melalui kontak dengan air mani yang terinfeksi jika ada luka terbuka di mulut.

Sementara itu, human papillomavirus juga perlu jadi perhatian serius dalam kaitannya dengan seks oral. Virus ini dapat menyebabkan kanker serviks, kanker dubur, hingga kutil kelamin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa virus tersebut dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Selain itu, penularan klamidia dan gonore melalui seks orang juga harus diwaspadai. Sebab pada Mei 2011, sebuah penelitian terhadap wanita pekerja seks komersial menunjukkan bahwa satu dari 25 pekerja mengidap klamidia di tenggorokan mereka. Selain itu, satu dari 50 pekerja seks mengidap gonore di tenggorokan mereka.

Itu sebabnya penting untuk mengetahui kondisi atau kesehatan pasangan sebelum melakukan hubungan seksual demi menghindari sejumlah risiko kesehatan.



Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT