ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 21:30 WIB

Sering Bikin Penasaran, Ini Lho Bahasan Komplit A-Z soal Efek Menelan Sperma

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma. Foto: iStock
Jakarta -

Aktivitas seksual menelan sperma kerap menjadi pertanyaan banyak pasangan suami istri. Terlebih, jika tengah melakukan seks oral.

Hal yang ditanyakan selalu seputar keamanan hingga risiko di balik menelan sperma. Sebelum membahas itu, sebenarnya sperma mengandung apa sih?

Dikutip dari Medical News Today, saat ejakulasi, pria sebenarnya menghasilkan air mani yakni campuran cairan yang berasal dari kelenjar tubuh berbeda. Fungsi air mani utamanya untuk pengantar atau transmisi sel sperma ke organ reproduksi wanita.

Air mani mencakup berbagai komponen seperti air, protein, dan sejumlah kecil sperma. Adapun kandungan yang berkontribusi pada air mani terdiri dari sperma dalam jumlah minimal. Sisanya adalah protein, fruktosa, lendir, enzim, air, vitamin, dan mineral.

Aman Nggak Menelan Sperma?

Meski secara umum relatif tidak berbahaya, ada beberapa kasus seseorang tidak disarankan melakukan aktivitas seksual tersebut. Salah satunya berkaitan dengan orang yang alergi terhadap air mani. Dikenal dengan hipersensitivitas plasma mani.

Risiko lainnya adalah air mani merupakan cairan tubuh, yang juga bisa membawa infeksi menular seksual (IMS), seperti HIV.

Bisa Hamil?

Beberapa orang mungkin percaya jika menelan air mani yang memiliki kandungan sperma di dalamnya, dapat menyebabkan kehamilan, tetapi ini sangat tidak mungkin. Kehamilan hanya terjadi jika sperma bersentuhan dan mampu membuahi sel telur.

Seperti Apa Rasanya sperma?

Hanya sebagian kecil dari air mani adalah sperma. Komponen lainnya salah satunya ergothioneine. Jamur sering mengandung antioksidan ini. Ini mungkin memberi sedikit rasa seperti jamur pada air mani.

Rasa air mani setiap orang berbeda-beda. Beberapa orang menggambarkan rasanya sebagai:

  • Asin
  • Pahit
  • Manis
  • Metalik
  • Musky.

Kebiasaan gaya hidup tertentu dapat mengubah rasa air mani dengan mengubah komposisinya. Misalnya, meta-analisis dari 2016 menemukan bahwa merokok menurunkan kualitas air mani dan mengubah komposisinya, yang juga dapat memengaruhi rasanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT