ADVERTISEMENT

Kamis, 25 Agu 2022 21:30 WIB

Cara Rawat Miss V Biar Awet Kencang dan Tetap 'Menggigit'

Fadilla Namira - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Foto: iStock
Jakarta -

Vagina yang sehat dan bersih adalah dambaan setiap wanita. Oleh karenanya, rajin membersihkan organ vital harus dilakukan agar terhindar dari bakteri, jamur, dan penyakit kewanitaan lainnya. Jika lalai, pasti akan terasa hal yang tidak mengenakan, seperti gatal, iritasi, dan keputihan.

Secara alami vagina sudah bisa membersihkan dirinya sendiri karena terdapat bakteri baik yang berfungsi melindungi area tersebut. Namun, akan lebih baik seorang wanita memastikan organnya tersebut bersih dan tidak mengeluarkan bau tak sedap. Apalagi setelah menikah, para istri pasti tidak mau mendengar berkomentar jelek tentang organ intimnya.

Lantas, bagaimana cara terbaik membersihkan dan merawat vagina agar tetap wangi dan menggoda?

1. Hindari penggunaan produk berbahan parfum

Bagi wanita yang masih menggunakan produk berbahan fragrances (wewangian) pada vagina agar lebih wangi dan percaya diri, sebaiknya dihentikan. Menurut ahli ginekologi di University of Illinois di Chicago dan pendiri Her Viewpoint, Jessica Shepherd, MD, sabun tanpa bahan wewangian selalu lebih baik karena bisa terhindar dari iritasi.

Terlebih lagi, sabun batang umumnya lebih baik daripada sabun mandi karena biasanya tidak memiliki kandungan alkohol atau wewangian yang tinggi. Jika terasa gatal, kering, dan keputihan, itu artinya para wanita harus menggunakan sabun yang lebih lembut lagi.

2. Jangan menggunakan produk dengan pH kurang dari 7

PH yang netral dan seimbang mempunyai nilai 7. Artinya, jika di bawah nilai tersebut bersifat asam dan di atas bersifat basa. Pastikan untuk menggunakan pH yang netral dan hipoalergenik. Seorang ahli obgyn dan edukator seks, Alexandra Bausic, MD, memberikan saran untuk membeli produk yang telah teruji oleh dokter kulit dan ginekologi. Sebab, produk tersebut sudah dirancang khusus dan disetujui oleh dokter.

3. Mencuci vagina dengan air hangat

Ada baiknya sehari sekali kelamin wanita dibersihkan menggunakan air bersih hangat agar membasmi kuman serta menjadi penetralan saat iritasi. Dikutip dari healthline.com, cara terbaik membilas vagina dengan menyiramnya dari bagian depan (vulva) ke belakang (vagina). Dikatakan demikian untuk mencegah infeksi karena penyebaran bakteri anus ke vagina.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT