ADVERTISEMENT

Selasa, 30 Agu 2022 22:00 WIB

Ciri-ciri Sperma Tak Sehat, Tandanya Belum Siap Membuahi Sel Telur

Irene Putri Wibowo - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma. (Foto: iStock)
Jakarta -

Setiap pasangan yang memiliki rencana untuk mempunyai anak, hal pertama yang dilakukan adalah pemeriksaan sperma pada laki-laki. Walaupun kesehatan sperma terkadang disepelekan, namun hal ini bisa berujung fatal jika tidak diperhatikan dengan benar.

Salah satu langkah awalnya adalah mengetahui faktor-faktor kesuburan sperma. Beberapa masalah yang dihadapi oleh pasangan saat ingin melakukan program hamil adalah kualitas sperma pria, saluran tempat sperma bergerak, hingga ereksinya.

Hormon testosteron seks pria dan sperma, dibuat di dalam testis. Selain itu, dibutuhkan sekitar tiga bulan bagi pria untuk memiliki sperma baru.

Sperma yang disertai dengan cairan akan berjalan menuju ke sistem reproduksi, selanjutnya akan diejakulasi atau dilepaskan saat melakukan hubungan seksual.

Dikutip dari Shree Ivf Clinic, berikut ciri-ciri sperma yang tidak sehat.

Warna Air Mani

Jika warna air mani pria berwarna kuning, sudah dipastikan bahwa sang pria mengalami penyakit kuning, maka dari itu harus memperhatikan rencana untuk berkeluarga.

Selain itu, warna air mani yang kuning juga dapat disebabkan oleh banyaknya mengonsumsi minuman alkohol atau makanan yang mengandung zat belerang. Jika tidak segera ditangani, air mani tersebut akan berbahaya bagi janin dan memiliki beberapa efek samping.

Air Mani Berdarah

Terkadang pria memiliki air mani yang bercampur dengan darah, hal ini menunjukkan bahwa pria tersebut memiliki tekanan darah yang tinggi. Dapat dikatakan bahwa kualitas sperma belum cocok terutama bagi pasangan yang ingin hamil.

Selain itu jika air mani berdarah, kemungkinan terinfeksi penyakit menular seksual seperti gonorea, herpes, atau klamidia.

Sperma Berwarna Hijau Kekuningan

Sperma berwarna seperti ini menunjukkan sperma yang tidak sehat karena mengandung bakteri yang berjalan dari saluran kemih hingga ke kelenjar prostat.

Tekstur Air Mani

Jika tekstur air mani tiba-tiba berubah karena aktivitas fisik yang rendah, mengonsumsi alkohol, menggunakan ganja, dan diet, hal ini dapat dianggap sebagai sperma yang tidak sehat.

Pembengkakan Pada Alat Kelamin

Jika terjadi pembengkakan pada testis yang disebabkan oleh epididimis atau radang orkitis (testis), hal ini berakibat pada sperma yang tidak sehat.

Selain itu kesehatan kualitas sperma pria juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti merokok, mengonsumsi minuman alkohol, usia, kelebihan berat badan akan menurunkan kualitas sperma (kegemukan), dan steroid anabolik.



Simak Video "Klinik Pengobatan Mak Erot Juga Bisa Tangani Keluhan Mr P Patah"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT