ADVERTISEMENT

Selasa, 13 Sep 2022 21:30 WIB

6 Pelumas Alami, Pelicin saat Bercinta yang Katanya Bikin Nikmat

Nurul Febian Danari - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion
Jakarta -

Sebagian pasangan mungkin sulit untuk mendapatkan pelumas alami secara pribadi dalam aktivitas seksual. Kondisi ini memerlukan bantuan pelumas alternatif yang membuat aktivitas seksual lebih nyaman, dan mencegah gesekan yang menyakitkan.

Kulit di area alat kelamin sangat sensitif sehingga perlu diperhatikan bahan yang dipakai. Pelumas yang bisa digunakan antara lain yang tidak mengandung pewangi, paraben, atau yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Berikut bahan-bahan yang mudah ditemukan dan aman untuk dipakai sebagai pelumas alternatif:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa populer digunakan sebagai bahan alami untuk pelumas seksual. Namun perlu diperhatikan minyak kelapa yang akan dipakai adalah yang murni dan tidak mengandung zat tambahan yang dapat mengiritasi kulit. Penting untuk ketahui bahwa minyak dapat merusak lateks sehingga jika ingin menggunakan kondom, pilih pelumas yang lain karena akan merusak kondom dan membuatnya tidak efektif.

2. Aloe Vera

Selain minyak kelapa, aloe vera atau lidah buaya sering digunakan untuk membantu melawan iritasi kulit saat berhubungan seksual. Lidah buaya aman digunakan pada kulit sensitif sehingga dapat menjadi pelumas yang baik.

Lidah buaya tidak mengandung minyak sehingga aman untuk digunakan bersamaan dengan kondom.

Penggunaan produk gel lidah buaya dalam kemasan perlu memperhatikan bahan-bahan berbahaya seperti alkohol yang dapat mengiritasi dan membuat kulit kering. Sehingga lebih baik menggunakan lidah buaya secara langsung, atau dapat membeli produk lidah buaya murni tanpa bahan tambahan.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun aman untuk kulit sehingga dapat digunakan sebagai pelumas. Minyak zaitun memiliki manfaat yang lebih tahan lama dibandingkan pelumas berbasis air biasa. Namun perlu diperhatikan bahwa seperti minyak alami lainnya, minyak zaitun tidak dapat dapat digunakan bersamaan dengan kondom.

Pelumas berbahan dasar minyak umumnya mengotori pakaian, selain itu dapat memperlambat sperma sehingga tidak cocok bagi yang menginginkan kehamilan.

4. Tepung Maizena dan air

Campuran tepung maizena dan air umumnya aman digunakan dan dapat ditoleransi dengan baik. Meskipun tidak ada penelitian medis yang definitif, campuran ini mungkin baik digunakan dengan kondom.

5. Putih Telur

Putih telur cocok digunakan sebagai pelumas alternatif karena memiliki konsistensi yang mirip dengan lendir serviks. Namun beberapa ada yang tidak menyarakan penggunaan putih telur karena keamanan di dalam vagina yang belum diketahui.

6. Yoghurt Tawar

Sebagian orang mengatakan bahwa yoghurt dapat dijadikan pelumas dan digunakan untuk mengobati infeksi jamur, namun ahli belum mengonfirmasi hal ini. Yoghurt tawar tanpa pemanis atau perasa dapat menjadi salah satu alternatif, namun tidak terlalu dianjurkan. Selain bau, yoghurt juga tidak terlalu licin untuk digunakan.



Simak Video "23 Juta Penyintas Covid-19 di Amerika Serikat Alami Long Covid"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT