ADVERTISEMENT

Selasa, 20 Sep 2022 19:31 WIB

Jangan Anggap Sepele, 6 Hal yang Harusnya Dilakukan Setelah Bercinta

Nurul Febian Danari - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion
Jakarta -

Aktivitas seksual, baik pagi atau malam hari ada yang dimulai dengan persiapan maupun secara spontan. Namun, setelah kegiatan seksual tersebut selesai, apa yang harus dilakukan? Sebagian memilih untuk istirahat untuk mengembalikan energi atau langsung kembali melanjutkan aktivitas lainnya.

Kebersihan alat kelamin khususnya pada wanita setelah berhubungan seksual perlu diperhatikan, untuk menghindari eprkembangan bakteri hingga infeksi. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan setelah berhubungan seksual agar vagina tetap sehat, menurut Women's Health:

1. Buang Air Kecil

Meskipun tidak ada keinginan untuk buang air kecil, usahakan untuk tetap pergi ke kamar mendi dan mencoba seperti ingin buang air kecil. Ahli Obgyn asal New York, Alyssa Dweck, mengatakan setelah melakukan hubungan seksual, bakteri dari rektum, yang sangat dekat dengan uretra dan vagina bisa mendekati uretra dan dapat menyebabkan infeksi, terutama pada wanita yang rentan terhadap infeksi saluran kemih.

2. Membersihkan Diri

Setelah berhubungan seksual, sebaiknya segera membersihkan diri terutama dari sisa pelumas atau air liur yang ada di vagina.

"Pelumas dan bakteri dari jari, mulut, dan rektum dapat meningkatkan peluang Anda terkena jamur atau infeksi bakteri," kata Sherry Ross, seorang ahli obgyn dari Santa Monica, California.

Gunakan sabun non pewangi disekitar area kewanitaan. Cukup dengan kain lap hangat dan usap lembut vagina dengan sabun dan air (atau air hangat saja), bergerak dari depan ke belakang. Tidak disarankan melakukan douching karena vagina bagian dalam dapat secara alami membersihkan diri.

3. Berendam

Berendam dengan air hangat dapat membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, berendam juga dapat meredakan pembengkakan dan mengurangi resiko iritasi vagina setelah berhubungan seksual. Gunakan minyak/sabun mandi secukupnya, jika berlebihan justru akan mengiritasi vagina.

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Setelah membersihkan diri, gunakan pakaian yang nyaman. Pakai celana dalam berbahan katun dan pakaian yang longgar. Setidaknya, hindari celana dalam berbahan nilon dan pakaian yang ketat.

5. Hidrasi Tubuh

Ketika aktivitas seksual berlangsung, energi terkuras sekaligus tubuh mengalami dehidrasi, sehingga asupan air dalam tubuh perlu diperhatikan. Tetap terhidrasi dapat membantu mencegah bakteri penyebab penyakit kandung kemih pada wanita.

6. Makan Makanan Kaya akan Probiotik

"Yogurt, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya memiliki bakteri baik yang sama yang ditemukan di vagina," kata Kelly Kasper, MD, ob-gyn di Indiana University Health.

Mengonsumsi camilan sehat setelah berhubungan seksual dapat membantu tubuh kembali memproduksi bakteri baik dalam tubuh serta dapat mengurangi infeksi jamur.



Simak Video "WHO Soroti Hal Ini Terkait Ancaman Cacar Monyet yang Kian Serius"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT