ADVERTISEMENT

Kamis, 22 Sep 2022 22:00 WIB

Sedalam Apa Sih Miss V saat Terangsang? Begini Fakta-fakta Seputarnya

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Ilustrasi fakta-fakta seputar kesehatan miss V. Foto: iStock
Jakarta -

Kesehatan area miss V alias vagina tentu menjadi perhatian wanita. Sebab selain faktor kenyamanan dan kepuasan seksual, kesehatan vagina juga perlu dijaga untuk mencegah risiko penularan penyakit seksual.

Sebagai catatan, survei pada 2016 menyebut, sebanyak 65 persen wanita muda akan merasa risih jika menyebut alat kelaminnya sebagai 'vagina'. Rata-rata wanita tersebut lebih nyaman untuk menggunakan istilah lain, seperti 'daerah kewanitaan'.

Lantas, apa saja sih fakta-fakta seputar vagina yang penting untuk dicatat? Dikutip dari Medical News Today, begini penjelasannya:

Rata-rata Kedalaman Vagina

Vagina adalah tabung otot yang membentang dari vulva, mengacu pada alat kelamin wanita bagian eksternal termasuk labia dan klitoris, kemudian menuju ke serviks. Penelitian menyebut, kedalaman vagina berkisar antara 5 hingga 7 cm.

Namun saat wanita terangsang akibat gairah seksual, kedalaman vagina bisa berkisar antara 10 hingga 12 cm.

Efek Baik Rajin Workout bagi Vagina

Tentu saja, salah satu manfaat workout bagi wanita adalah mengencangkan otot-otot panggul. Namun selain itu, workout untuk latihan dasar panggul atau 'latihan kegel' juga berpengaruh pada kesehatan vagina.

Di samping itu, latihan kegel juga dapat membantu mengencangkan vagina, membuat seks lebih menyenangkan hingga pemicu orgasme hebat.

Vagina Sering Diibaratkan seperti 'Anggur'

PH normal vagina berkisar kurang dari 4,5 yang mirip dengan pH pada buah anggur. Vagina memiliki bakteri baik dengan nama lactobacilli yang mendominasi vagina.

Lactobacilli membantu menjaga tingkat pH normal, terutama pada wanita hamil hingga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Ketika tingkat bakteri lactobacilli turun, maka tingkat pH vagina bisa naik hingga 4,5 yang dapat menimbulkan infeksi vagina dan jamur, akibat bakteri vaginosis berkembang biak.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT