Sakit pada Vagina Setelah Bercinta? Bisa Jadi karena Ini

ADVERTISEMENT

Sakit pada Vagina Setelah Bercinta? Bisa Jadi karena Ini

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 02 Okt 2022 19:00 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
Ilustrasi vagina. Foto: iStock
Jakarta -

Terlepas dari rasa sakit yang dialami sebagian besar wanita pada seks pertama kali, rasa sakit juga bisa datang meskipun sudah terbiasa dengan aktivitas bercinta.

Ada banyak alasan mengapa rasa sakit pada vagina muncul setelah berhubungan seksual, salah satunya karena gesekan yang terlalu kuat. Ditambah jika ada masalah pada kulit sebelumnya, rasa sakit yang ditimbulkan bisa lebih buruk.

Berikut alasan paling umum yang menyebabkan rasa sakit pada vagina setelah bercinta, dikutip dari Women's Health:

1. Perubahan Hormon

Perubahan kadar hormon dapat membuat vagina kering, sehingga pelumasan saat bercinta tidak cukup. Kekeringan ini dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri selama dan sesudah berhubungan seksual yang diakibatkan oleh gesekan-gesekan.

Cara mengatasinya bisa menggunakan banyak pelumas.

2. Tidak Terangsang

Saat tidak dalam 'mood' untuk bercinta, vagina tidak akan memproduksi cukup pelumas dan membuat vagina kering. Ini akan menyebabkan rasa menyakitkan pada vagina dan meninggalkan luka gesekan setelahnya.

Jika tidak menginginkannya, jangan perasa tertekan untuk mengatakannya, namun jika merasa kering dan tetap ingin bercinta, gunakan banyak pelumas agar seks tetap nyaman.

3. Infeksi

Nyeri di dalam atau sekitar vagina juga bisa disebabkan oleh infeksi. Jika selama atau setelah berhubungan seks mengalami gatal atau rasa sakit, kunjungi klinik kesehatan seksual untuk pemeriksaan lebih lengkap.

4. Alergi Lateks

Jika setelah bercinta, muncul rasa gatal pada area kewanitaan dan sudah memastikan tak ada infeksi, bisa jadi akibat alergi terhadap kondom atau pelumas yang digunakan.

Alergi lateks adalah hal yang umum. Cek ke dokter untuk memastikan.

5. Kondisi Medis Tertentu

Rasa sakit yang terasa di sekitar panggul dapat disebabkan oleh beberapa kondisi media mulai dari radang panggul hingga endometriosis atau fibroid. Jika Anda mengalami rasa sakit pada perut bagian bawah, kram atau berdarah setelah bercinta, segera kunjungi dokter.

6. Seks Terlalu Kuat

Aktivitas bercinta yang terlalu terburu-buru atau terlalu kuat bagi sebagian pasangan akan terasa menyenangkan. Namun setelahnya, rasa sakit akan timbul.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT