Bercinta Waktu Malam atau Pagi Hari, Mana yang Terbaik? Ini Kata Pakar Seks

ADVERTISEMENT

Bercinta Waktu Malam atau Pagi Hari, Mana yang Terbaik? Ini Kata Pakar Seks

Alethea Pricila - detikHealth
Kamis, 06 Okt 2022 22:00 WIB
Ilustrasi pasangan dengan gaya bercinta
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Apiwan Borrikonratchata)
Jakarta -

Pasangan biasanya akan melakukan hubungan seksual pada saat malam hari ketika semua aktivitas selesai. Tak jarang dari mereka juga akan melakukannya pada saat pagi hari sebelum memulai aktivitas dengan tujuan sebagai penyemangat menjalani hari.

Sebuah penelitian dari Lovehoney pada 2015 menunjukkan pria cenderung melakukan hubungan seks di pagi hari sekitar pukul 6 hingga 9 pagi. Sementara wanita lebih menyukai melakukannya pada malam hari sekitar pukul 11 malam hingga 2 pagi.

"Seiring bertambahnya usia, mereka lebih suka tidur lebih awal sehingga mungkin akan lebih tertarik pada seks di pagi hari," ucap Wise penulis buku Why Good Sex Matters dikutip dari HuffPost.

"Anak muda cenderung suka tidur malam dan mungkin lebih bersedia atau tertarik pada seks di malam hari," lanjutnya.

Jadi manakah yang lebih baik bercinta saat malam atau pagi hari?

Pagi Hari

Seorang ahli menyebut salah satu alasan pria lebih menyukai melakukannya pada pagi hari adalah kadar testosteron akan meningkat pada pagi sekitar pukul 8. Hal ini juga memengaruhi libido dan ereksi seorang pria yang sedang meningkat pada saat itu.

"Untuk pria pagi hari adalah saat kadar testosteron tertinggi, karena dibuat saat tidur," jelas Robin Wilson-Beattie, seorang advokat dan pendidik disabilitas dan seksualitas.

Bercinta saat pagi hari juga disebut bisa meningkatkan suasana hati. Hal ini juga membuat para pasangan baru merasa lebih antusias pada saat itu sehingga bisa memiliki energi lebih banyak.

Namun, bagi beberapa orang, hormon yang dilepaskan saat berhubungan seks dan orgasme pada pagi hari justru membuatnya merasa lelah dan tidak fokus menghadapi hari.

"Bagi sebagian orang, orgasme dan aktivitas seksual melelahkan dan membutuhkan istirahat dan perawatan emosional sesudahnya," kata Wilson-Beattie.

Malam Hari

Wilson-Beattie menyebut bercinta saat malam hari dilakukan karena beberapa faktor salah satunya mereka merasa lebih nyaman dan terhubung dengan pasangan tanpa adanya gangguan seperti pekerjaan atau anak.

"Dengan pekerjaan, anak-anak, dan aktivitas, malam hari adalah saat segalanya melambat dan hanya pasangan, mengakhiri hari libur dengan bercinta sebelum tidur," katanya.

Berhubungan seks sebelum tidur bisa membuat sebagian orang lebih mudah tertidur, berkat pelepasan hormon seperti prolaktin dan oksitosin. Interaksi fisik dan mental yang saling memuaskan sebelum tidur meningkatkan suasana hati dan melepas stress.

"Jika orgasme seksual yang memuaskan setelah foreplay yang menarik adalah bagian dari interaksi itu, itu juga cenderung mengarah pada tidur yang lebih baik," ucap Amer Khan, seorang ahli saraf dan spesialis tidur Sutter Health.

Oleh karena itu, para ahli sepakat tidak ada waktu yang pasti ideal untuk berhubungan seks. Itu benar-benar tergantung apa yang cocok untuk tiap pasangan. Baik seks pagi hari atau pun malam memiliki manfaatnya masing-masing.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT